Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Menggunakan Metode Jarimatika Di TK Mekar Kumara Desa Kesiut

Authors
  • I Ketut Putu Suniantara Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Ni Putu Nanik Hendayanti Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Gede Suwardika Universitas Terbuka
  • I Made Hendra M. Pramayasa Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Luh Putu Safitri Pratiwi Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Kadek Masakazu Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Made Rudita Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Gede Suardika Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v4i1.288


Keywords: Jarimatika, kemampuan berhitung anak, TK Mekar Kumara
Section: Articles

Abstract

Mengenalkan matematika pada anak usia dini bertujuan supaya mereka mampu memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari – hari melalui Metode Jarimatika. Pada metode ini bagaimana anak – anak mengenal bilangan dan perhitungan matematika dengan menggunakan kesepuluh jari tangan. Dengan pengenalan metode Jarimatika diharapkan kemampuan berhitung anak – anak meningkat dan lebih mudah memahami konsep bilangan yang tidak membebani memori otak anak - anak. Konsep Jarimatika lebih menekankan pada penguasaan konsep daripada cara cepat dalam operasi perhitungan, sehingga kemampuan anak – anak lebih matang dalam penguasaan ilmu berhitung. Adapun lokasi tempat melaksankan pelatihan berhitung dengan metode Jarimatika ini adalah di TK Mekar Kumara Desa Kesiut. Hasil dari kegiatan ini dapat dilihat dari kemampuan berhitung anak – anak meningkat dalam menyebutkan bilangan melalui gambar mencapai benar 100% dan melakukan perhitungan penjumlahan dan pengurangan  mencapai benar 93,33%. Serta anak-anak merasa senang dalam belajar berhitung dengan jarimatika, terlihat dari semangat dan atusias merekan menggerakan jari-jari mereka dalam menghitung. Para guru merasa terbantu dalam mengajari anak-anak berhitung dengan menggunakan jarimatika.

References

Aritonang, L. A. and Elshap, D. S. (2019) WIDYABHAKTI JURNAL ILMIAH POPULER 4(1): 59-64 64 Widyabhakti – Nopember 2021 ‘Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Anak Usia Dini dengan Menggunakan Metode Jarimatika’, Jurnal Ceria, 2(6), pp. 363–369. Elihami, E. and Ekawati, E. (2020) ‘Persepsi Revolusi Mental Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini’, Jurnal Edukasi Non Formal, 1(2), pp. 16–31. Febrizalti, T. and Saridewi (2020) ‘Stimulasi Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini melalui Metode Jarimatika’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), pp. 1840–1848. Musi, M. A. (2016) ‘Peningkatakan Keterampilan Berhitung Anak Usia Taman Kanak-Kanak Melalui Demonstrasi dengan Media Gambar’, Indonesian Journal of Educational Studies, 19(1), pp. 36–41. Purwaningsih, S. J., Reswita and Putri, A. A. (2018) ‘Meningkatkan Kemampuan Berhitung dengan Menggunakan Metode Jarimatika pada Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD Dinda Kids Kota Pekanbaru’, PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), pp. 49–60. Siregar, J. (2020) ‘Kerjasama Guru dan Orangtua Dalam Mengelola Strategi Pembelajaran Home Learning Masa Pandemi Covid 19 Di Paud Kasih Efrata Jatiasih Bekasi’, Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(3), pp. 245–254. doi: 10.33541/jdp.v12i3.1295. Susanto, A. (2011) Perkembangan Anak Usia Dini (Pengantar dalam Berbagai Aspek). Jakarta: Penerbit Kencana. Wulandari, C. (2013) ‘Pembelajaran Berhitung Penjumlahan dengan Jarimatika’, BIOMA: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan MIPA, 8(1), pp. 1–11. Yudha, F. (2020) ‘Penerapan Metode Jarimatika Materi Perkalian Pada Siswa Kelas 4 MI Hidayatul Mubtadiin Balak Songgon’, Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 6(1), pp. 32–40.

Downloads

Published
2021-11-28

How to Cite

Suniantara, I. K. P., Hendayanti, N. P. N., Suwardika, G., Pramayasa, I. M. H. M., Pratiwi, L. P. S., Masakazu, K., Rudita, I. M., & Suardika, I. G. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Menggunakan Metode Jarimatika Di TK Mekar Kumara Desa Kesiut. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 4(1), 59-64. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v4i1.288