Optimalisasi Penggunaan Microsoft Power Point Dan Bandicam Pada Video Pembelajaran Guru SD N 1 Celuk

Authors
  • Ni Ketut Erawati Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Gusti Agung Ngurah Trisna Jayantika Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Ni Kadek Rini Purwati Universitas PGRI Mahadewa Indonesia


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v4i1.290


Keywords: Video pembelajaran, Microsoft Power Point, Bandicam
Section: Articles

Abstract

Video pembelajaran merupakan suatu media audio visual yang berisi materi-materi pembelajaran yang berperan sebagai pengantar informasi dari pengajar kepada peserta didik. Banyak guru yang memiliki keinginan untuk dapat mengembangkan video pembelajarannya sendiri, tetapi masih mengalami kendala untuk memulai dari mana dan menggunakan apa agar tidak terlalu rumit dalam pembuatannya. Hal itu pula yang dialami oleh guru SD N 1 Celuk. Oleh karena itu, program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk dapat membantu guru SD N 1 Celuk mengembangkan suatu video pembelajaran yang menarik dan sederhana dalam proses pembuatannya dengan mengoptimalkan fitur-fitur yang terdapat pada Microsoft Power Point dan Bandicam. Pelaksanaan kegiatan pelatihan ini dibagi menjadi tiga tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanan, dan tahap evaluasi. Tahap persiapan dilakukan observasi dan menyusun modul pelatihan, tahap pelaksanaan dilakukan pelatihan langsung dan konsultasi secara online, Tahap evaluasi dilakukan observasi kembali tentang kemampuan guru menggunakan software yang ditawarkan dan melihat kesulitan yang dialami guru. Berdasarkan hasil evaluasi, semua guru bisa membuat video pembelajaran, walopun dengan powerpoint yang sederhana. Guru juga puas dengan apa yang dihasilkan, karena pada video, guru dapat berbicara langsung menjelaskan materi yang guru tulis di powerpoint sekaligus menampilkan wajah mereka di sudut video sehingga seakan siswa akan bertatap muka langsug dengan guru. Sebelumnya guru enggan membuat video pembelajaran, tapi dengan pelatihan menggunakan Microsoft Power Point berbantuan Bandicam, video pembelajaran dapat dengan mudah dibuat oleh guru khususnya guru di SD N 1 Celuk

References

Abidin, Z., Adeng, H., Dinda, A. 2020. Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19. Research and Development Journal of Education, 131-146. DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7 659 Batubara, H., Dessy, N.A. 2016. Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran Matematika SD/MI. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1). Fikri, M., Faizah, S. Elian, R. Rahmani, M. Ananda, and A. Suryanda. (2021). Kendala dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Kajian Kritis. Jurnal Education and Development, 9(1), 145. Hadi, S. 2017. Efektivitas Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Dasar. Prosiding TEP & PDs Transformasi Pendidikan Abad 21, 1(15), 96-102. Hardianti dan Wahyu, K.A. 2017. Keefektifan Penggunaan Media Video dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 11 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1(2). Herayanti, L., Baiq, R.S., Baiq, A.S., Wirawan, P. 2019. Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran bagi Guru-Guru di SDN 1 Ubung dengan Memanfaatkan Bandicam. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 2(4). Irfan, M., dan Ariandi, A. 2021. Analisis Penggunaan Aplikasi Daring oleh Dosen Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 12(2), 139-144. Khaulani, F., Neviyarni, S., Irda, M. 2020. Fase dan Tugas Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, VII(1). Pratama, A.P.,Saida, U., Dedi, K. 2017. Pemanfaatan Video Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Menengah. Prosiding TEP & PDs Transformasi Pendidikan Abad 21, 1(13), 80-87. Purwanti, L., Rizki, W., Surya, A.M. 2020. Analisis Penggunaan Media WIDYABHAKTI JURNAL ILMIAH POPULER 4(1): 36-45 45 Widyabhakti – Nopember 2021 Power Point dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Materi Animalia Kelas VIII. Journal of Biology Education, 3(2),157-166. Wijayanti, W., Stefanus, C.R. 2019. Pengembangan Media Power Point IPA Untuk Siswa Kelas IV SD Negeri Samirono. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 77-83.

Downloads

Published
2021-11-28

How to Cite

Erawati, N. K., Jayantika, I. G. A. N. T., & Purwati, N. K. R. (2021). Optimalisasi Penggunaan Microsoft Power Point Dan Bandicam Pada Video Pembelajaran Guru SD N 1 Celuk. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 4(1), 36-45. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v4i1.290