Implementasi Google Trends dan Pelatihan Penggunaan Youtube Pada Ganesha Creative Studio

Authors
  • Rifky Lana Rahardian ITB STIKOM Bali
  • M. Azman Maricar Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v4i2.301


Keywords: Pelatihan Digital, Google Trends, Youtube
Section: Articles

Abstract

Mitra pengabdian kali ini adalah Bapak I Putu Andika Subagya Putra, seorang pengusaha dan founder dari Ganesha Creative Studio yang berlokasi di Jalan Blubuh Sari VI No. 175, Kerobokan Kaja, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali. Menurut hasil wawancara dan observasi yang dilakukan, pandemi mengakibatkan penurunan jumlah proyek yang didapat. Hal ini mengakibatkan mitra kesulitan untuk membayar gaji pegawai dan sudah ada beberapa tenaga yang dirumahkan. Upaya dalam pembuatan video pendek untuk menaikkan promosi di media sosial sudah dilakukan namun tenaga yang bertugas terkendala untuk mencari ide yang sedang trending mengingat Ganesha Creative Studio dituntut untuk up to date dalam berkarya dikarenakan bergeran di dunia industri kreatif. Mitra tidak memiliki acuan dalam menentukan konten apa yang harus dibuat. Berdasarkan situasi mitra, diperlukan pelatihan tentang Google Trends untuk mencari ide dan acuan dalam pembuatan konten yang sedang trending dan pelatihan optimalisasi penggunaan Youtube agar Ganesha Creative Studio bisa mendapatkan pengetahuan dan proses bisnis baru untuk pemasukan tambahan dari konten-konten yang di unggah di platform tersebut.

References

Ananda, D. A. and Susilowati, D. (2017) ‘Pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (umkm) berbasis industri kreatif di kota malang’, Jurnal Ilmu Ekonomi. Available at: https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jie/article/view/6072/0 (Accessed: 1 January 2022).

Chumnumpan, P., (AMJ), X. S.-A. M. J. and 2019, U. (2019) ‘Understanding new products’ market performance using Google Trends’, Elsevier. Available at: https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1441358217302781 (Accessed: 1 January 2022).

Effendy, F. et al. (2021) ‘Penggunaan Google Trends Dalam Perencanaan Strategi Content Marketing Untuk Meningkatkan Daya Saing Pelaku Bisnis di Dunia Internet’, e-journal.rosma.ac.id. Available at: https://e-journal.rosma.ac.id/index.php/inotek/article/view/114 (Accessed: 1 January 2022).

Kreatif, K. et al. (2021) ‘Konten Kreatif Youtube Sebagai Sumber Penghasilan Ditinjau dari Etika Bisnis Islam’, Musyarakah: Journal of Sharia Economic (MJSE), 1(2), pp. 110–120. Available at: http://journal.umpo.ac.id/index.php/MUSYROKAH/article/view/4593 (Accessed: 1 January 2022).

Solikhah, U. D. (2018) ‘ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PENGGUNA MENJADIKAN YOUTUBE SEBAGAI SUMBER PENGHASILAN (Persepsi pada Mahasiswa’, dspace.uii.ac.id. Available at: https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/8848 (Accessed: 1 January 2022).

Herlambang, Y. (2015). Peran Kreativitas Generasi Muda Dalam Industri Kreatif Terhadap Kemajuan Bangsa. TEMATIK-Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(1), 61-71.

Ulfah, Y., & Suryantoro, A. (2021). Evaluasi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 terhadap Nilai Pretest dan Posttest IPA Kelas IX. A SMP Negeri Purworejo Lampung Tengah. Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, 2(1), 28-35.

Downloads

Published
2022-03-31

How to Cite

Rahardian, R. L., & M. Azman Maricar. (2022). Implementasi Google Trends dan Pelatihan Penggunaan Youtube Pada Ganesha Creative Studio. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 4(2), 6-11. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v4i2.301