Literasi sastra secara umum dilakukan dengan cara yang masih konvensional, yaitu membaca karya sastra di perpustakaan, membeli di tokobuku, dan menulis karya sastra dengan media kertas. Seiring perkembangan jaman dan teknologi, seharusnya pelaksanaan literasi sastra mengikuti perubahan tersebut, dan mampu beradaptasi agar tetap berkontribusi terhadap peningkatan literasi sastra di era 4.0. Berdasarkan hal tersebut, tim pelaksana pada pengabdian kepada masyarakat ini akan memberikan sosialisasi tentang literasi sastra di era 4.0 dengan memanfaatkan berbagai macam platform digital yang bisa digunakan untuk menunjang dan mendukung kegiatan literasi sastra. Metode yang digunakan dalam pengabdian pada masyarakat ini, yakni metode observasi, penyuluhan, dan pendampingan. Secara umum masyarakat sasaran menunjukan respon yang positif dalam mengikuti kegiatan ini. Respon positif itu ditunjukkan dengan partisipasi masyarakat dalam berdiskusi pada sesi diskusi, serta tetap semangat mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir. Masyarakat merasa terbantu dengan adanya pengetahuan tentang literasi sastra yang berbasis digital sehingga bisa tetap mengapresiasi dan aktif menghasilkan karya sastra yang tidak dibatasi ruang dan waktu.
Azwar, A. (2018, February). Sinergi Kebijakan Pengembangan Literasi Sastra dengan Gerakan sosial. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia (SENASBASA) (Vol. 1, No. 1).
Azimah, R, dan Otang Kurniaman. 2019. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Dalam Pembelajaran Di Kelas Tinggi. Jurnal Pajar (Pendidikan dan Pengajaran, Volume3, No 4, 934-947.
Endraswara, Suwardi. 2017. Literasi Sastra : Teori, Model, dan Terapan. Yogyakarta : Morfalingu. Fitriani, Y., & Aziz, I. A. (2019, March). Literasi Era Revolusi Industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia (SENASBASA) (Vol. 3, No. 1).
Hidayah, L., & Widodo, G. S. (2020, September). Manajemen Pendidikan Karakter Melalui Gerakan Literasi Nasional. In (Webinar) Seminar Nasional Pendidikan 2020 (Vol. 1, No. 1, pp. 193-196).
Ismayani, R. M. (2017). Kreativitas dalam pembelajaran literasi teks sastra. Semantik, 2(2), 67-86.
Nahdi, K, dkk 2020. Literasi Berbahasa Indonesia Usia Prasekolah : Ancangan Metode Dia Tampan dalam Membaca Permulaan. WIDYABHAKTI JURNAL ILMIAH POPULER 4(2): 25-29 29 Widyabhakti Maret 2022 Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 4, No 1, 446-453.