Learning Management System (LMS) adalah suatu perangkat lunak untuk keperluan administrasi, dokumentasi, laporan sebuah kegiatan, kegiatan belajar mengajar dan kegiatan secara online. Learning Management System (LMS) dapat digunakan dalam jenjang pendidikan tinggi maupun pendidikan dasar. Di masa pandemi, pemanfaatan learning model sistem berbasis online memegang peranan penting dalam keberlangsungan proses pembelajaran di dunia pendidikan. Di sisi lain penggunaan aplikasi konferensi berbasis pembelajaran daring yang digunakan hingga saat ini belum memiliki keseragaman dan bergantung pada pengetahuan diantara guru. Salah satu sekolah, yaitu SMA Negeri 1 Petang menerapkan proses pembelajaran dengan konsep hybrid. Konsep hybrid yang dimaksud adalah menerapkan setengah pembelajaran luring dan daring, serta melakukan penggiliran proses sekolah luring (tatap muka). Proses ini masih dirasa belum optimal, karena dengan konsep pembelajaran yang ada saat ini para guru memerlukan proses untuk mengatur komunikasi melalui whatsapp, mengatur jadwal pemberian tugas, mengatur jadwal pemberian kuis memeriksa tugas yang dikumpulkan oleh para siswa dan pengaturan jadwal kelas rutin. Sehingga untuk beberapa permasalahan tersebut, diperlukan adanya penggunaan LMS di SMA Negeri 1 Petang. Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan, tim pelaksana melakukan kegiatan pengembangan teknologi pembelajaran melalui pembuatan LMS dan kegiatan pelatihan penggunaan media pembelajaran online melalui Kegiatan workshop. Tujuannya adalah dapat mengoptimalkan proses pembelajaran sehingga dapat membentuk keteraturan dalam pembelajaran dan memudahkan guru dalam proses komunikasi maupun dalam menjalankan tugas mengajar para siswa di SMA Negeri 1 Petang.
Basilaia, G. and Kvavadze, D. (2020) ‘Transition to Online Education in Schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus (COVID-19) Pandemic in Georgia’, Pedagogical Research, 5(4). doi: 10.29333/pr/7937.
Coman, C. et al. (2020) ‘Online teaching and learning in higher education during the coronavirus pandemic: Students’ perspective’, Sustainability (Switzerland), 12(24), pp. 1–22. doi: 10.3390/su122410367.
Goldschmidt, K. (2020) ‘The COVID-19 Pandemic: Technology use to Support the Wellbeing of Children’, Journal of Pediatric Nursing. Elsevier Inc., 53, pp. 88–90. doi: 10.1016/j.pedn.2020.04.013.
Gunawan, Suranti, N. M. Y. and Fathoroni (2020) ‘Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period’, 1(2), pp. 75–94.
Malau, E. (2021) ‘Kajian Deskriptif tentang Pembelajaran Pasca Pandemi dalam Paradigma Keilmuan’, Lentera: Jurnal Kajian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran, 1(2), pp. 30–34.
Padmo, D. et al. (2020) ‘The Impact Of COVID19 On The International Education System’, The Impact Of COVID19 On The International Education System, (November). doi: 10.51432/978-1-8381524-0-6.
Rahayu, R. P. and Wirza, Y. (2020) ‘Teachers’ Perception of Online Learning during Pandemic Covid-19’, Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(3), pp. 392–406. doi: 10.17509/jpp.v20i3.29226.