Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan kualitas para pemandu wisata khususu Desa Wisata Tista Kecamatan Kerambitan dalam memberikan hospitality ‘pelayanan’ dalam ranah pariwisat perbedaan budaya yang dimiliki oleh para wisatasan asing maupun domistik. Akibatnya muncul permasalahan dalam bentuk kesalahpahaman ketika memberikan pelayanan kepada wisatawan asing yang datang berkunjung ke desa ini. Program kerja yang dirancang yaitu dengan mengadakan pelatihan hospitality dengan memberikan teori dan memberikan kesempatan kepada pemandu wisatawan khusus untuk berlatih dengan pola 5S dan 2T serta 1M. Metode yang digunakan adalah metode ceramah saat mmeberikan materi dan metode praktik langsung ketika menyambut, melayani dan berpisah kepada wisatawan yang datang untuk menikmati keindahan alam Desa Tista sambil Bersepeda. Setelah melakukan wawancara sebagai bagian dari pretest sebelum kegiatan dilakukan dan adanya post test diakhir pelaksanaaan pelatihan, hasil kegiatan pelatihan hospitality bagi pemandu wisatawan khusus secara aktif dapat dipahami dan dipraktekkan secara langsung, selain itu rasa percaya diri mulai muncul dan memberikan hospitality berdasarkan pola yang telah diajarkan. Sehingga dengan hospitality yang baik dapat menjadikan suatu dasar acuan bagi para wistaawan baik lokal maupun internasional untuk datang menikmati keindahan alam, suasana desa sambil menikmati the sereh serta kopi andala Desa Tista
Andriyani, A. A. A. D., Rahayu, E. T., Hartati, H., & Santika, I. D. A. D. M. (2021). Pelatihan Berkomunikasi Lisan Melalui Tata Bahasa Jepang bagi Pemandu Wisata Khusus di Kabupaten Bangli. JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia), 2(4), 330-339.
Meidariani, N. W. (2019). PELATIHAN BAHASA DAN BUDAYA JEPANG BAGI PEMUDA ASAL KABUPATEN BULELENG BALI. Abdiku: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 16-31.
Meirejeki, I. N., Nurjaya, I. W., Darlina, L., & Wahyuni, L. M. (2020). Kepuasan Peserta Pelatihan Terhadap Pelaksanaan Pelatihan Bahasa Jepang di Desa Wisata Mas Ubud, Kabupaten Gianyar. Bhakti Persada Jurnal Aplikasi IPTEKS, 6(2), 136-146.
Rahayu, E. T., Hariyadi, B. R., Hartati, H., Stovia, A., & Andriyani, A. A. A. D. (2021). Tata Kelola Pramuwisata Khusus Sebagai Bentuk Pelibatan Masyarakat Lokal. JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia), 2(3), 243-256.
Sujatno, A, Bambang. Hospitality Secret Skills, Attitude, and Performances for Restaurant Manager. Yogyakarta: ANDI
Wijoyo, H., Haudi, H., Ariyanto, A., Sunarsi, D., & Akbar, M. F. (2020). Pelatihan Pembuatan Konten Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa (Pengabdian Kepada Masyarakat Kerjasama Antar Kampus). Ikra-Ith Abdimas, 3(3), 169-175.
Wijoyo, H., Haudi, H., Ariyanto, A., Sunarsi, D., & Akbar, M. F. (2020). Pelatihan Pembuatan Konten Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa (Pengabdian Kepada Masyarakat Kerjasama Antar Kampus). Ikra-Ith Abdimas, 3(3), 169-175.