Pusat Layanan Autis (PLA) Kota Denpasar merupakan sebuah lembaga yang dibentuk pada 10 Oktober 2010. Layanan pada Pusat layanan autis adalah memberikan terapi bagi anak dengan autisme. Hasil wawancara dengan Ketua Pelaksana Harian PLA Kota Denpasar Bapak I Nyoman Handika S.Si Berdasarkan wawancara terdapat beberapa masalah yang dihadapi oleh Mitra yakni Pusat layanan Autis sering kali kesulitan dalam memberikan pelajaran matematika untuk anak dengan autism pada kelas transisi , dan untuk penjadwalan terapis dan proses pendataan anak masih dilakukan secara manual dengan mengisi form dan menyimpan arsip form tersebut. Solusi yang kami tawarkan dari permasalahan diatas adalah membuatkan sebuah sistem untuk pendataan dan penjadwalan terapis pada Pusat Layanan Autis Kota Denpasar dan Memberikan Pelatihan mengenai Pembuatan Media Pembelajaran Matematika agar menarik untuk mengajarkan Matematika kepada anak dengan autism. Hasil dari pengabdian ini adalah tim adminstrasi sudah mampu menggunakan sistem penjadwalan dan dari hasil kuisoner yang diberikan ada peningkatan yang awalnya 30 % menjadi 100 % terapis mampu membuat media pembelajaran matematika dan mengajarkan matematika kepada anak dengan autism
Ariadhy, S.Y. et al. (2020) “Pelatihan Pembelajaran Jarak Jauh di Era Pandemi Covid-19,” Jurnal ANOA[Preprint].
Ballerina, T. (2017) “Meningkatkan Rentang Perhatian Anak Autis dalam Pembelajaran Pengenalan Huruf,” INKLUSI[Preprint]. doi:10.14421/ijds.030205.
Damayanti, R.N., Subanji, S. dan Sa’dijah, C. (2019) “Gesture Anak Autis dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Penjumlahan Bilangan Bulat,” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan [Preprint]. doi:10.17977/jptpp.v4i9.12690.
Febriyanti, C. dan Nugraha, M.L. (2017) “KESULITAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH INKLUSI UNTUK ANAK ABK,” SAP (Susunan Artikel Pendidikan)[Preprint]. doi:10.30998/sap.v2i2.2087.
Hasanah, N. (2018) “Strategi Terapis dalam Mendidik Kemandirian Anak Autis di Sekolah Luar Biasa (SLB) Sri Soedewi Masjchkun Sofwan Kota Jambi.,” JIGC (Journal of Islamic Guidance and Counseling), 1(1). doi:10.30631/jigc.v1i1.5.
Husen, S.D. (2019) “PENGGUNAAN MEDIA KARTU ANGKA UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGENALAN NUMERIK PADA ANAK AUTIS,” Jurnal Bidang Pendidikan Dasar [Preprint]. doi:10.21067/jbpd.v3i2.3375.
Khafagy, S.A., Al-Mamouni, K. dan Nayer, A. (2020) “Autism center,” Journal of Critical Reviews, 7(8). doi:10.31838/jcr.07.08.146.
Luluk Sri Agus Prasetyoningsih (2014) “Tindak Bahasa Terapis Dalam Intervensi Klinis Pada Anak Autis,” Litera [Preprint].
Mardin, H. dan Nane, L. (2020) “PELATIHAN PEMBUATAN DAN PENGGUNAAN GOOGLE SITES SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KEPADA GURU MADRASAH ALIYAH SE-KABUPATEN BOALEMO,” Jurnal Abdimas Gorontalo (JAG) [Preprint]. doi:10.30869/jag.v3i2.652.
Musfiqon (2012) “Pengembangan Media Dan Sumber Belajar,” Jakarta: PT. Prestasi Pusta Karya [Preprint].
Oktarina, D. dan Hajjah, A. (2019) “Perancangan Sistem Penjadwalan Seminar Proposal dan Sidang Skripsi dengan Metode Algoritma Genetika,” JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering), 3(1). doi:10.35145/joisie.v3i1.421.
Puteri, D.A.W.A. (2019) “Studi Kasus Pelaksanaan Supervisi Pada Pusat Layanan Autis,” Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 3(2). doi:10.17977/um027v3i22018p175.
Rahayu, S.M. (2015) “Deteksi dan Intervensi Dini Pada Anak Autis,” Jurnal Pendidikan Anak [Preprint]. doi:10.21831/jpa.v3i1.2900.
Sudiatmika, I.P.G.A. dan Dewi, K.H.S. (2018) “Pengembangan Aplikasi Terapi Pengenalan Toilet Untuk Anak Autis Berbasis Android,” Pendidikan Teknologi dan Kejuruan [Preprint].