Remaja sebagai salah satu sumber daya manusia yang akan memenuhi kebutuhan industri di masa yang akan datang. akibat dari pandemi banyak pola penggunaan yang mulai bergeser, yang tadinya secara offline akhirnya pindah ke online. Peran penggunaan media sosial sangat dominan dalam kehidupan sehari-hari. Namun penggunaan ini belum didasarkan kepada penggunaan yang baik dan bijak serta memberikan dampak yang positif. Hal ini mempengaruhi pertumbuhan remaja yang rentan terhadap pengaruh dan ketergantungan pada media sosial dalam kesehariannya yang makin bertambah. Serta belum ada kesadaran akan pentingnnya media sosial jika bisa digunakan untuk kegiatan usaha yang produktif untuk menunjang kemandirian . Serta masih kurangnya usaha untuk meningkatkan kreativitas dan ketrampilan dengan memanfaatkan media sosial sebagai sarana agar dapat penghasilan tambahan dalam kegiatan sehari-hari maupun kegiatan tertentu, Hal ini tentunya harus dipersiapkan sejak dini untuk menambah keahlian dan pengetahuan yang dibutuhkan oleh dunia industri di revolusi 4.0, agar dapat beradaptasi dengan perubahan pola hidup dan sistem kerja yang ada. Sehingga dengan pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini yang secara hybrid dengan metode ceramah interaktif, diskusi dan pelatihan . Diharpkan peserta yang merupakan remaja akan makin meningkat pemahaman dan kemampuan baik softskill maupun hardskill tentang penggunaan media sosial untuk usaha yang produktif serta mampu meningkatkan pemahaman terhadap dampak penggunaan media sosial baik yang bersifat negatif maupun positif sehingga akan makin bijak dalam penggunaan media sosial sesuai keperuntukannya.
Alhana, A. R., Fawwas, A. F., Subekhi, M. R., & Jember, U. (2021.). Secara Online Pada Masa Pandemi Untuk Mendukung Era Digital Marketing Knowing The Increase Of Student Shopping Online During A Pandemic To Support The Digital.
Aprilia, R., Sriati, A., & Hendrawati, S. (2018). Tingkat Kecanduan Media Sosial pada Remaja, 3(1), 41-53.
Arfudin, Dani, & Sulistyaningsih., E. (2021). The Short-Term Training of Content Creation and Digital Marketing Bagi Pelajar Di Purwokerto. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat., 2(1 p-ISSN: 2716-4861 e-ISSN), 2716-3997.
Assidik, G. K. (2018). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Berbasis Literasi Digital yang Interaktif dan Kekinian. Seminar Nasional SAGA Universitas Ahmad Dahlan, 1(1), 242-246.
Dara, S. R., & Meliana, V. (2022). Pentingnya Membangun Ekonomi Kreatif di Era Pandemi, 3(1), 28-30.
Gery Desler. (2015). Manjemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Indeks jakarta .
Ihfa.Firdausya,(2021)https://mediaindones ia.com/humaniora/398511/survei-87- anak-indonesia-main-medsos- sebelum-13-tahun
Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2021). Marketing 4.0 Bergerak Dari Tradisional Ke Digital. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Maulana, A., Arjun, N. R., Akbar, F., Ayu, S. N., Firmansyah, H., 1, 2, 3Prodi, & Firmansya, H. (2021). Peran E- Commerce di Tengah Pandemi terhadap Gaya Hidup Masyarakat Indonesia Masa Kini Arman. Journal of Education and Technology, 1(1), 55-61. Retrieved from http://jurnalilmiah.org/journal/index. php/jet
Nasir, M., Basalamah, J., Halim, A., & Kusuma, P. (2019). Kegiatan E- Marketing sebagai bentuk Kewirausahaan Dini Bagi Pelajar, 1(April), 2-8.
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1-17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1 .01
Sifa, M., & Ramadhani, D. (2021). Pelatihan E-commerce anak muda melek digital marketing di Desa Tinggar , Kabupaten Jombang. EKONOMI: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(1).
Yenny Yusra. (2022). Rencana Linktree Dukung Kreator dan Bisnis di Indonesia. Https://Dailysocial.Id. Retrieved from https://dailysocial.id/post/rencana- linktree-dukung-kreator-dan-bisnis- di-indonesia