Evolusi dari teknologi informasi seperti sosial media telah terbukti meningkatkan efektifitas dalam hal komunikasi penjualan dan pemasaran. Adopsi sosial media terbukti dapat meningkatkan performa bisnis dari usaha. Kelompok Wanita Tani (KWT) Dewi Catur adalah kelompok tani dari Desa Catur, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali, mengembangkan produk olahan jeruk siam seperti teh herbal kulit jeruk, kopi biji jeruk, kue ampas jeruk, dan air sari jeruk. Tantangan yang dihadapi oleh KWT Dewi Catur adalah bagaimana cara untuk menyampaikan informasi produk ini melalui proses digital marketing yang efektif dan efisien serta bagaimana mengetahui kepada siapa produk tersebut akan ditawarkan. Inilah mengapa tim pelaksana dalam kegiatan pengabdian masyarakat memberikan pendampingan penguatan ilmu pengetahuan dalam program literasi digital marketing secara mengkhusus untuk produk pangan hasil produksi KWT Dewi Catur. Metode yang digunakan pada pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat ini adalah dengan menggunakan Metode Ceramah, Demonstrasi, dan Praktikum. Hasil dari program ini peserta mampu merancang strategi digital marketing sesuai standar dan membuat sampel konten sederhana dengan Canva analisa hashtag dengan All – Hashtag. Program literasi digital marketing berhasil membuat peserta dari KWT Dewi Catur memberikan respon positif. Hal ini berdasarkan antusiasme peserta dalam proses diskusi dan hasil dari luaran yang berhasil dikerjakan peserta selama proses pendampingan.
Afifah, A. N. et al. (2018) ‘The influences towards business success of MSMEs creative sector’, Journal of Applied Management (JAM), 16(3), pp. 377–386. Available at: https://jurnaljam.ub.ac.id/index.php/jam/article/view/1241.
Bilgin, Y. (2018) ‘The effect of social media marketing activities on brand awareness, brand image and brand loyalty’, Business & management studies: an international journal, 6(1), pp. 128–148.
Hanief, S., Utami Januhari, N. N. and Ratu Asmara, A. . (2020) ‘Pelatihan Digital Marketing Memanfaatkan Sosial Media dan Marketplace pada Usaha Dekorasi dan Catering Pernikahan’, WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 2(3), pp. 146–156. doi: 10.30864/widyabhakti.v2i3.210.
Khajeheian, D. (2013) ‘New venture creation in social media platform; Towards a framework for media entrepreneurship’, in Handbook of social media management. Springer, pp. 125–142.
Khajeheian, D. (2017) ‘Media entrepreneurship: A consensual definition’, AD-minister, (30), pp. 91–113.
Khan, Z. and Lew, Y. K. (2018) ‘Post-entry survival of developing economy international new ventures: A dynamic capability perspective’, International Business Review, 27(1), pp. 149–160.
Nurfarida, I. N., Sarwoko, E. and Arief, M. (2021) ‘The Impact of Social Media Adoption on Customer Orientation and SME Performance: An Empirical Study in Indonesia’, Journal of Asian Finance, 8(6), pp. 357–0365. doi: 10.13106/jafeb.2021.vol8.no6.0357.
Putra, I. and Jayaningsih, A. A. R. (2021) ‘Pelatihan Digital Marketing di Thinker Bee Learning Center’, ... Jurnal Ilmiah ..., 3(3), pp. 78–83. Available at: http://widyabhakti.stikom-bali.ac.id/index.php/widyabhakti/article/view/276%0Ahttp://widyabhakti.stikom-bali.ac.id/index.php/widyabhakti/article/download/276/171
Tritama, H. B. and Tarigan, R. E. (2016) ‘The effect of social media to the brand awareness of a product of a company’, CommIT (Communication and Information Technology) Journal, 10(1), pp. 9–14.