Digital Marketing Literacy for Food Product Dewi Catur Women Farmer Group

Authors

  • I Gede Bintang Arya Budaya ITB STIKOM Bali https://orcid.org/0000-0002-5856-4269
  • Dedy Panji Agustino Institut of Technology and Business STIKOM Bali
  • Gede Indra Raditya Martha Institut of Technology and Business STIKOM Bali

DOI:

https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v4i3.328

Keywords:

Media Sosial, Konten Digital marketing, Target Pasar, UMKM

Abstract

Evolusi dari teknologi informasi seperti sosial media telah terbukti meningkatkan efektifitas dalam hal komunikasi penjualan dan pemasaran. Adopsi sosial media terbukti dapat meningkatkan performa bisnis dari usaha. Kelompok Wanita Tani (KWT) Dewi Catur adalah kelompok tani dari Desa Catur, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali, mengembangkan produk olahan jeruk siam seperti teh herbal kulit jeruk, kopi biji jeruk, kue ampas jeruk, dan air sari jeruk. Tantangan yang dihadapi oleh KWT Dewi Catur adalah bagaimana cara untuk menyampaikan informasi produk ini melalui proses digital marketing yang efektif dan efisien serta bagaimana mengetahui kepada siapa produk tersebut akan ditawarkan. Inilah mengapa tim pelaksana dalam kegiatan pengabdian masyarakat memberikan pendampingan penguatan ilmu pengetahuan dalam program literasi digital marketing secara mengkhusus untuk produk pangan hasil produksi KWT Dewi Catur. Metode yang digunakan pada pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat ini adalah dengan menggunakan Metode Ceramah, Demonstrasi, dan Praktikum. Hasil dari program ini peserta mampu merancang strategi digital marketing sesuai standar dan membuat sampel konten sederhana dengan Canva analisa hashtag dengan All – Hashtag. Program literasi digital marketing berhasil membuat peserta dari KWT Dewi Catur memberikan respon positif. Hal ini berdasarkan antusiasme peserta dalam proses diskusi dan hasil dari luaran yang berhasil dikerjakan peserta selama proses pendampingan.

Downloads

Published

2022-07-31

How to Cite

Budaya, I. G. B. A., Agustino, D. P. ., & Martha, G. I. R. . (2022). Digital Marketing Literacy for Food Product Dewi Catur Women Farmer Group. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 4(3), 69-74. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v4i3.328

Issue

Section

Articles