Pemanfaatan Teknologi Informasi Manajemen Keuangan dan Sosial Media pada UKM Sarana Upacara Agama

Authors
  • Ni Made Astiti ITB STIKOM Bali
  • Ulandari Ni Wayan Ari ITB Stikom Bali
  • I Putu Warma Putra ITB STIKOM Bali


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v5i1.331


Keywords: Buku Kas, Instagram, Pemasaran
Section: Articles

Abstract

Mitra dalam kegiatan pengabdian masyarakat internal ini adalah UKM milik Ibu Agung Rai dan sudah berdiri sejak tahun 2016 yang berlokasi di Jalan Br. Susut Kaja, Desa Susut, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di lapangan, diketahui bahwa omset yang didapatkan oleh mitra sejak tahun 2016 sampai saat ini  tidak menentu. Beberapa masalah utama yang dihadapi oleh mitra yaitu belum melakukan pembukuan usaha yang teratur sehingga tidak mengetahui pasti keuntungan dan kerugian usaha. Mitra saat ini masih mengandalkan pencatatan secara manual sesuai kemampuan mitra, dan mitra belum bisa memanfaatkan teknologi informasi dan sosial media untuk memasarkan produk yang mitra jual. Sehingga dengan berbagai masalah yang dihadapi oleh mitra, peneliti akan memberikan pelatihan manajemen keuangan dengan aplikasi Buku Kas dan Pelatihan penggunaan Sosial Media. Pelatihan Buku Kas bertujuan meningkatkan kemampuan mitra dalam pencatatan keuangan dan Pelatihan Sosial Media Instagram agar dapat melakukan promosi online dengan memanfaatkan sosial media serta harapannya konsumen mitra tidak hanya berasal dari desa susut saja namun juga dapat berasal dari desa lain. Hasil pelatihan yang telah dicapai sampai saat ini adalah mitra telah memahami  90% persen fitur buku kas dan telah melakukan 90% pencatatan keuangan serta  persentase penyerapan materi penggunaan sosial media  sebesar 100%.

References

Legina, X. and Sofia, I. P. (2020) ‘Pemanfaatan Software Pembukuan Akuntansi Sebagai Solusi Atas Sistem Pembukuan Manual Pada Umkm’, Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 4(2), p. 172. doi: 10.31851/neraca.v4i2.4771.

Made Arna Putri, G. A., Ari Ulandari, N. W. and Sri Jaya Kusuma, I. N. (2020) ‘PKM Pemanfaatan Media Sosial & Aplikasi Pengolahan Angka dalam Peningkatan Penjualan’, WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 2(3), pp. 67–78. doi: 10.30864/widyabhakti.v2i3.199.

Puspitarini, D. S. and Nuraeni, R. (2019) ‘Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House)’, Jurnal Common, 3(1), pp. 71–80. doi: 10.34010/COMMON.V3I1.1950.

Rusmawan, U. and Saputra, R. S. (2016) ‘Sistem Komputerisasi Akuntansi untuk Perusahaan Kecil dan Menengah Menggunakan VB.Net’, Bina Insani ICT Journal, 3(2), pp. 291–306.

Sagiyanto, A. (2020) ‘Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Promosi Produk Haus Melalui Akun @Haus.Indonesia’, Jurnal AKRAB JUARA Volume 5 Nomor 2 Edisi Mei 2020 (97-114), 53(9), pp. 1689–1699.

Soejono, F. et al. (2021) ‘Pendampingan Usaha: Pentingnya Laporan Keuangan Dan Penggunaan Aplikasi Bukukas Untuk Laporan Keuangan Usaha’, Logista Vol. 4 No.2 Tahun 2020 Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 4(2), pp. 2013–2015.

Wijaya, R. S., Sartika, D. and Nini, N. (2021) ‘Sosialisasi Aplikasi Bukukas Solusi Pembukuan Keuangan Digital Bagi Umkm Lubuk Minturun’, Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 4, pp. 1165–1171. doi: 10.37695/pkmcsr.v4i0.1259.

Downloads

Published
2022-12-30

How to Cite

Ni Made Astiti, Ni Wayan Ari, U., & I Putu Warma Putra. (2022). Pemanfaatan Teknologi Informasi Manajemen Keuangan dan Sosial Media pada UKM Sarana Upacara Agama. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 5(1), 14-19. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v5i1.331