Pelatihan Pembuatan Bisnis Model Canvas pada Saya Tour

Authors
  • Sugiarto UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Evi Triandini Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Praja Firdaus Nuryananda UPN “Veteran” Jawa Timur


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v4i3.332


Keywords: bisnis model canvas, pariwisata, destinasi wisata
Section: Articles

Abstract

Kota Blitar memiliki banyak tempat wisata yang dikunjungi masyarakat, baik dari lokal Kota Blitar, namun juga dari luar daerah hingga luar negeri. Makam Bung Karno merupakan ikon utama destinasi wisata di Blitar. Sementara lokasi lain yang saat ini menjadi tujuan wisatawan yaitu , Istana Gebang, Taman Kebonrojo, Water Park Sumber Udel, Taman Sentul dan lain-lain. CV. Putra Berbakti Abimata ini merupakan mitra untuk kegiatan Bakti Inovasi bagi Masyarakat yang terletak di Blitar, Jawa Timur. Mitra bergerak di bidang Pariwisata. Mitra mempunyai sebuah produk Jasa Tour yang dinamakan Saya Tour, dimana Saya Tour ini telah beroperasi sejak tahun 2020. Ketatnya persaingan antara organisasi dengan jenis usaha yang sama, menuntut mitra untuk melihat peluang bisnis bagi keberlanjutan usahanya. Pendekatan model bisnis yang mutakhir dan kekinian akan menggambarkan secara jelas tentang elemen-elemen yang saling terkait terhadap bisnis mitra. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini yaitu edukasi dan pelatihan. Hasil kegiatan pengabdian ini yaitu Bisnis Model Canvas (BMC) mitra yang memiliki Sembilan komponen. Pendampingan implementasi BMC dilakukan terhadap mitra sehingga produktivitas dan keberlanjutan usaha mitra akan meningkatkan pendapatannya.

References

Bustamin, Anugrayani. 2020. “Business Model Canvas Dan Social Media Marketing Untuk Meningkatkan Kapasitas Pengusaha Mikro Di Kabupaten Pangkep.” JURNAL TEPAT: Applied Technology Journal for Community Engagement and Services 3(1): 150–56.

Febriansyah, Febriansyah. 2019. “Pengembangan Usaha UKM Kedai Kopi Abang Kecamatan Pulogadung Dengan Metode Business Model Canvas.” BERDAYA: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 1(2): 89–96.

Kurniawan, Fajar Azmi. 2017. “Pendekatan Business Model Canvas Sebagai Perancangan Strategi Bisnis Baru.” SKETSA BISNIS 4(2): 123–35.

Osterwalder, Alexander Natalia Ruth Sihandrini, and Yves Pigneur. 2012. Business Model Generation : Pedoman Bagi Para Visioner, Penggerak Perubahan Dan Pendobrak. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Permana, Dian Jingga. 2015. “Analisis Peluang Bisnis Media Cetak Melalui Pendekatan Bisnis Model Canvas Untuk Menentukan Strategi Bisnis Baru.” Faktor Exacta 6(4): 309–19.

Saeputra, Muhamad Yosi, and Deden Syarif Hidayatullah. 2016. “Analisis Model Bisnis Pada Kafe Fruitea Holic Dengan Pendekatan Business Model Canvas.” eProceedings of Management 3(3).

Warnaningtyas, Hartirini. 2020. “Desain Bisnis Model Canvas (BMC) Pada Usaha Batik Kota Madiun.” EKOMAKS: Jurnal Manajemen, Ilmu Ekonomi Kreatif dan Bisnis 9(2): 52–65. http://ekomaks.unmermadiun.ac.id/index.php/ekomaks.

Downloads

Published
2022-07-31

How to Cite

Sugiarto, Evi Triandini, & Praja Firdaus Nuryananda. (2022). Pelatihan Pembuatan Bisnis Model Canvas pada Saya Tour. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 4(3), 89-94. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v4i3.332