Rebranding Kemasan Kopi Pada Usaha Penggilingan Kopi Panca Perkasa Klungkung

Authors
  • I Wayan Karang Utama STMIK STIKOM BALI
  • Joko Santoso Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Agus Purwanto Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Amalia Putri Khomariyah Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Made Dharma Ekayasa Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v5i1.334


Keywords: Kopi H. Fachrudin, Penyanggrai Kopi, Panca Perkasa
Section: Articles

Abstract

Usaha penyangrai dan penggilingan kopi Panca Perkasa dengan produknya Kopi Bali H. Fachrudin pada mulanya dirintis dari tahun 1968. Usaha penggilingan kopi ini telah cukup lama vakum. Usaha penyangrai dan penggilingan Kopi Panca Perkasa untuk kembali memasuki pasar yang sudah lama ditinggalkan, perusahaan memiliki beberapa permasalahan yang menjadi kendala utama saat ini antara lain: masalah tentang kemasan, pemasaran dan pembukuan. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu usaha Usaha penyangrai dan penggilingan Kopi Panca Perkasa untuk rebranding merek melalui mendesain ulang kemasan lebih menarik sesuai target pasar. Pengabdian Masyarakat dilakuakn dengan memberikan pelatihan pemasaran memanfaatkan teknologi informasi dan pelatihan pembukuan sederhana dengan program aplikasi pembukuan sederhana. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat ini melibatkan anggota dosen dan mahasiswa untuk memberikan pelatihan dan pendampingan. Hasil pengabdian berupa pemasaran produk kopi dengan kemasan baru yang telah dipasarkan oleh mitra melalui jaringan media sosial, dengan memanfaatkan program aplikasi sederhana untuk pencatatan keuangan dan stok barang serta adanya website untuk pengenalan usaha secara online. Luaran yang dicapai adanya peningkatan penjualan dari sebelum diadakan pengabdian masyarakat rata-rata penjualan bulanan selama dari 3 juta rupiah menjadi 7 juta rupiah

References

Darmawati, E. (2020) ‘Rancangan model purwarupa kemasan kopi specialty design of prototype model ofspecialty coffee packaging’, 30(1), pp. 1–12.

Maulani, A. N., Fetrianggi, R. and Prana, I. S. (2021) ‘Analisis Pengaruh Desain Kemasan dan Brand Image Kopi Good Day Pada Minat Beli Konsumen’, 1(1), pp. 1–9. Available at: https://ejournal.upi.edu/index.php/FINDER/article/view/34054/14643.

Purnavita, S., Sriyana, H. Y. and Widiastuti, T. (2018) ‘Kemasan Menarik dan Internet Marketing untuk Meningkatkan Nilai Jual Emping Garut sebagai Produk Unggulan Kabupaten Sragen’, E-Dimas, 9(1), p. 88. doi: 10.26877/e-dimas.v9i1.2260.

Putra, H. T. (2018) ‘Berdasarkan Hasil Roasting Menggunakan Algoritma Fuzzy C - Means Skripsi Oleh : Hayuangga Tinno Putra Kusuma Jurusan Teknik Informatika’.

Septiana Ayu (2015) ‘Tinjauan model inkubator bisnis rintisan (bisnis start up) di indonesia’, Jurnal Manajemen dan Bisnis (PERFORMA), 12(1), pp. 76–95. Available at: https://ejournal.unisba.ac.id/ index.php/performa/article/view/3044.

Warjiyono, W. et al. (2020) ‘Metode FAST & Framework PIECES : Analisis & Desain Sistem Informasi Penjualan Berbasis Website’, Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 6(2), pp. 172–181. doi: 10.31294/ijse.v6i2.8988.

Downloads

Published
2022-12-30

How to Cite

Utama, I. W. K., Joko Santoso, Agus Purwanto, Amalia Putri Khomariyah, & Made Dharma Ekayasa. (2022). Rebranding Kemasan Kopi Pada Usaha Penggilingan Kopi Panca Perkasa Klungkung. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 5(1), 20-24. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v5i1.334