Pelatihan Membuat Kompos dan Pengenalan Digital Marketing di Desa Bukit Karangasem

Authors
  • Affan Irfan Fauziawan ITB STIKOM Bali
  • Edwar Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Monik Fitriyani Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Yusril Amril Huda Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v5i1.346


Keywords: Limbah Padat, Gas Rumah Kaca, Digital Marketing, Desain Produk, Sosial Media
Section: Articles

Abstract

Limbah padat atau sampah termasuk sumber emisi Gas Rumah Kaca (GRK). Belum banyak masyarakat di Desa Bukit, Kabupaten Karangasem yang memahami tentang GRK. Limbah padat di Desa Bukit berasal dari aktivitas rumah tangga dan pepohonan yang ada disekitar masyarakat. Saat ini cara paling mudah bagi masyarakat sekitar untuk membuang sampah tersebut dengan cara dibakar, dan ini berbahaya apabila terjadi kebakaran lahan. Berdasarkan permasalahan tersebut, perlu diadakan sosialisasi tentang emisi GRK. Selanjutnya adalah memberikan informasi kepada masyarakat bahwa sampah pun bisa diolah menjadi hal yang positif, seperti kompos. Pelatihan membuat kompos dari sampah yang ada di lingkungan sekitar adalah langkah nyata untuk mengurangi emisi GRK. Kegiatan berikutnya adalah pelatihan tentang digital marketing, dimana targetnya adalah membuat desain produk, dan penjualan produk melalui sosial media. Hasil kegiatan ini dapat dirasakan manfaatnya, selain dapat mengurangi sampah juga menjadikan barang yang memiliki nilai ekonomis dan dapat menjadikan sebagai penghasilan tambahan masyarakat sekitar. Seperti diketahui bersama, semenjak pandemi Covid-19, banyak masyarakat perkotaan yang memiliki hobi baru yaitu memelihara tanaman hias, berkebun dan lain-lain yang dalam kegiatannya banyak menggunakan kompos.

References

Kementerian Lingkungan Hidup. 2012. Pedoman Penyelenggaraan Inventarisasi Gas Rumah Kaca Nasional. Vol. 4. Pengelolaan Limbah.

Fauziawan, A. I., & Rafii Aziz, K. R. 2019. Sosialisasi dan Pelatihan Pembuatan Kompos di Madrasah Aliyah Negeri Karangasem. Widyabhakti Jurnal Ilmiah Populer, 2 (1), 54-58.

Suwiprabayanti Putra, I. A. G & Jayaningsih, A. R. 2021. Pelatihan Digital Marketing di Thinker Bee Learning Center. Widyabhakti Jurnal Ilmiah Populer, 3(3), 78-83.

Susetya, D. 2015. Panduan Lengkap Membuat Pupuk Organik (Untuk Tanaman Pertanian dan Perkebunan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Lindawati, S., Hendri, M., & Hutahaean, J. (2020). Pemasaran Digital. Yayasan Kita Menulis. “Cara Membuat Kompos Organik dengan EM4. Retrieved from: https://carapraktis.info/cara-membuat-kompos-organik-dengan-em4/.”

Downloads

Published
2022-12-30

How to Cite

Fauziawan, A. I., Edwar, Monik Fitriyani, & Yusril Amril Huda. (2022). Pelatihan Membuat Kompos dan Pengenalan Digital Marketing di Desa Bukit Karangasem. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 5(1), 48-53. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v5i1.346