Sistem Pemanggilan Antrian di Puskesmas II Tampaksiring

Authors
  • Gusti Ngurah Mega Nata ITB STIKOM Bali
  • Putu Pande Yudiastra Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v5i2.351


Keywords: Sistem Pemanggilan Antrian, Puskesmas, information and communication teknology
Section: Articles

Abstract

Pelayanan pemangilan nomer antrian kunjungan pasien di Puskesmas II Tampaksiring sudah sangat butuh ditingkatkan. Mengingat, banyaknya kunjungan pasien setiap harinya, namun petugas palayanan masih menggunakan sistem antrian tradisional yaitu, pengunjung / pasien mengambil kertas nomer antrian secara manual dan kemudian menunggu sampai dipanggil oleh petugas front office tanpa menggunakan alat pengeras suara atau alat pendukung lainnya. Akibatnya, Pelayanan menjadi tidak optimal dan kurang professional. Pada Pengabdian Masyarakat ini, Ingin membantu Puskesmas II Tampaksiring dalam pemanfaatan ICT (Information and communications technology) pada sistem pemanggilan nomor antrian disana. Tujuan dari pengabdian adalah meningkatkan palayanan antrian pasien Puskesmas II Tampaksiring. Target khusus yang ingin dicapai yaitu tersedianya sistem pemanggilan antrian. Sistem Pamanggilan dengan play beberapa voice mp3 yang dirangkai menjadi satu rangkai nomor antrian utuh. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan secara sistematis dengan urutan kegiatan seperti berikut, observasi dan sosialisasi, pengembangan sistem antrian, implementasi sistem antrian di Puskesmas, dan terakhir evaluasi pencapaian. Luaran yang dihasilkan dari pengabdian masyarakat ini yaitu petugas front office dapat menggunakan komputer dalam mengelola antrian kunjungan pasien dan tersedianya aplikasi pemanggilan nomer antrian yang secara otomatis memanggil nomer antrian pasien menggunakan voice/suara pada media audio/speaker.

References

Bataona, B.L. V, Nyoko, A.E.L. and Nursiani, N.P. (2020) ‘Analisis Sistem Antrian Dalam Optimalisasi Layanan Di Supermarket Hyperstore’, Journal of Management : Small and Medium Enterprises (SMEs), 12(2), pp. 225–237. doi:10.35508/jom.v12i2.2695.

Nata, G.N.M. (2022) ‘Penerapan Teknologi Komputer pada Perangkat Desa Pekeraman Kenderan Tegalalang Gianyar’, WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah ..., 4(3), pp. 95–100. Available at: https://mail.widyabhakti.stikom-bali.ac.id/index.php/widyabhakti/article/view/333.

Nata, G.N.M., Suryawan, I.K.D. and Yudiastra, P.P. (2018) ‘Peningkatan Produktivitas Industri Rumah Tangga Jajan Tradisional Khas Gianyar’, Majalah Aplikasi Ipteks NGAYAH, 9(1), pp. 132–137.

Nata, G.N.M. and Yudiastra, P.P. (2020) ‘IRT Donat Kentang Dusun Sampiang Gianyar’, Widyabhakti ..., 2(2), pp. 69–75. Available at: http://widyabhakti.stikom-bali.ac.id/index.php/widyabhakti/article/view/163.

Nurjaya Al-Kholis, H., Nursanti, E. and Priyasmanu, T. (2018) ‘Analisis Sistem Antrian Pada Proses Pelayanan Konsumen di Rumah Makan’, Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri, 4(1), pp. 14–19. doi:10.36040/jtmi.v4i1.202.

Purnomo, B.H., Suryadharma, B. and Ekasari, N.Y. (2021) ‘MODEL SISTEM ANTRIAN PADA PELAYANAN RESTORAN CEPAT SAJI (Studi Kasus di KFC Gajah Mada Kabupaten Jember)’, Jurnal Agroteknologi, 15(01), p. 40. doi:10.19184/j-agt.v15i01.19929.

Bataona, B.L. V, Nyoko, A.E.L. and Nursiani, N.P. (2020) ‘Analisis Sistem Antrian Dalam Optimalisasi Layanan Di Supermarket Hyperstore’, Journal of Management : Small and Medium Enterprises (SMEs), 12(2), pp. 225–237. doi:10.35508/jom.v12i2.2695.

Downloads

Published
2023-04-28

How to Cite

Nata, G. N. M., & Putu Pande Yudiastra. (2023). Sistem Pemanggilan Antrian di Puskesmas II Tampaksiring. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 5(2), 20-26. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v5i2.351