Sistem Pemanggilan Antrian di Puskesmas II Tampaksiring

Authors

  • Gusti Ngurah Mega Nata ITB STIKOM Bali
  • Putu Pande Yudiastra Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali

Keywords:

Sistem Pemanggilan Antrian, Puskesmas, information and communication teknology

Abstract

Pelayanan pemangilan nomer antrian kunjungan pasien di Puskesmas II Tampaksiring sudah sangat butuh ditingkatkan. Mengingat, banyaknya kunjungan pasien setiap harinya, namun petugas palayanan masih menggunakan sistem antrian tradisional yaitu, pengunjung / pasien mengambil kertas nomer antrian secara manual dan kemudian menunggu sampai dipanggil oleh petugas front office tanpa menggunakan alat pengeras suara atau alat pendukung lainnya. Akibatnya, Pelayanan menjadi tidak optimal dan kurang professional. Pada Pengabdian Masyarakat ini, Ingin membantu Puskesmas II Tampaksiring dalam pemanfaatan ICT (Information and communications technology) pada sistem pemanggilan nomor antrian disana. Tujuan dari pengabdian adalah meningkatkan palayanan antrian pasien Puskesmas II Tampaksiring. Target khusus yang ingin dicapai yaitu tersedianya sistem pemanggilan antrian. Sistem Pamanggilan dengan play beberapa voice mp3 yang dirangkai menjadi satu rangkai nomor antrian utuh. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan secara sistematis dengan urutan kegiatan seperti berikut, observasi dan sosialisasi, pengembangan sistem antrian, implementasi sistem antrian di Puskesmas, dan terakhir evaluasi pencapaian. Luaran yang dihasilkan dari pengabdian masyarakat ini yaitu petugas front office dapat menggunakan komputer dalam mengelola antrian kunjungan pasien dan tersedianya aplikasi pemanggilan nomer antrian yang secara otomatis memanggil nomer antrian pasien menggunakan voice/suara pada media audio/speaker.

Downloads

Published

2023-04-28

How to Cite

Nata, G. N. M., & Putu Pande Yudiastra. (2023). Sistem Pemanggilan Antrian di Puskesmas II Tampaksiring. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 5(2), 20-26. Retrieved from https://widyabhakti.stikom-bali.ac.id/index.php/widyabhakti/article/view/351

Issue

Section

Articles