Pelatihan Pemanfaatan Software Geogebra pada Materi Lingkaran

Authors
  • Gusti Ayu Made Arna Putri Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Putu Ledyari Noviyanti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ayu Putu Arya Wulandari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ketut Suwija Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Wena Universitas Mahasaraswati Denpasar


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v5i2.358


Keywords: geometri, geogebra, pembelajaran matematika
Section: Articles

Abstract

Penggunaan software di zaman teknologi seperti ini sangat penting untuk menunjang proses pembelajaran terutama dalam pembelajaran geometri.berdasarkan hasil observasi di sekolah mitra,  guru dan siswa di sekolah mitra belum banyak menggunakan software yang terkait untuk mengembangkan pembelajaran matematika, padahal saat ini sangat banyak beredar software matematika yang layak untuk diperkenalkan pada siswa untuk meningkatkan minat belajar siswa. Geogebra merupakan salah satu perangkat lunak matematika yang dapat digunakan oleh siswa secara mandiri dalam mengeksplorasi ide-ide mereka khususnya di bidang Geometri. Software ini jugamenyediakan platform untuk aktivitas yang membutuhkan kemampuan pemikiran tingkat tinggi. Pelatihan dan pendampingan yang dilakukan merupakan Langkah alternatif untuk memperkenalkan software ini untuk menoingkatkan semangat belajar siswa. Dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk langsung mempraktikan penyelesaian soal dengan software Geogebra ini ternyata dapat menumbuhkan minat siswa untuk mempelajari materi geometri terutama pada materi lingkaran secara lebih mendalam. Berdasarkan hasil kuesioner yang disebar ke guru dan siswa setelah kegiatan pelatihan berlangsung, menunjukkan bahwa 66,7 % responden menyatakan sangat puas terhadap pelatihan yang dilakukan. 74,8% menunjukkan bahwa program pelatihan yang dilaksanakan sudah mampu meningkatkan daya nalar peserta terkait dengan penggunaan software geogebra. 100% peserta pelatihan menyatakan sangat puas terhadap keterampilan dan pengetahuan yang dimiliki oleh para pelatih dalam workshop ini. 100% peserta pelatihan merasa sangat puas karena terbantu/ memperoleh manfaat terhadap kegiatan ini.

References

Andraphanova, N. V. (2015). Geometrical Similarity Transformations in Dynamic Geometry Environment Geogebra. European Journal of Contemporary Education, 12(2), 116-128.

Celen, Y. (2020). Student Opinions on the Use of Geogebra Software in Mathematics Teaching. Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET, 19(4), 84-88.

Hutkemri, L., & Akmar, S. (2016). Effectiveness of geogebra on academic and conceptual knowledge: role of students’ procedural knowledge as a mediator. New Educational Review, 44(2), 153-164. doi:10.15804/tner.2016.44.2.12

Mollakuqe, V., Rexhepi, S., & Iseni, E. (2020). Incorporating Geogebra into Teaching Circle Properties at High School Level and it’s Comparison with the Classical Method of Teaching. International Electronic Journal of Mathematics Education, 16(1), em0616.

Nur'aini, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F. H., & Darmawan, D. (2017). Pembelajaran matematika geometri secara realistis dengan GeoGebra. Matematika: Jurnal Teori dan Terapan Matematika, 16(2).

Supriadi, N. (2015). Pembelajaran geometri berbasis geogebra sebagai upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa madrasah tsanawiyah (MTs). Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 99-110.

Downloads

Published
2023-04-28

How to Cite

Gusti Ayu Made Arna Putri, Putu Ledyari Noviyanti, I Gusti Ayu Putu Arya Wulandari, Ketut Suwija, & I Made Wena. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Software Geogebra pada Materi Lingkaran. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 5(2), 15-19. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v5i2.358