Pemanfaatan Pemasaran Digital sebagai Media Penjualan Produk Pertanian Perkotaan oleh Kelompok Tani Empelan Terbin

Authors
  • Kadek Dwi Pradnyani Novianti STMIK STIKOM Bali
  • Ni Kadek Sukerti Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v5i2.362


Keywords: pertanian perkotaan, kelompok tani empelan terbin, pemasaran digital
Section: Articles

Abstract

Pertanian perkotaan menjadi solusi dari menyempitnya wilayah perkotaan yang dikarenakan laju pertumbuhan populasi yang terus meningkat secara signifikan. Krisis pangan yang mungkin terjadi kedepannya dapat diatasi dengan pelaksanaan pertanian perkotaan dengan memanfaat lahan perumahan ataupun lahan-lahan sempit yang tidak digunakan. Kelompok Tani Empelan Terbin merupakan salah satu kelompok penggiat pertanian perkotaan yang terletak di Kota Denpasar. Kelompok Tani ini memiliki kegiatan budidaya sayuran dan budidaya ikan lele. Namun, hasil produk pertanian ini belum didistribusikan secara maksimal untuk dijual. Hasil produk pertanian yang dihasilkan hanya dibagikan kepada masyarakat sekitar dan terkadang dibuang karena hasil panen yang berlebih. Maka dari itu solusi yang dapat diberikan berupa pelatihan pemasaran digital melalui media sosial yaitu facebook sehingga produk hasil pertanian Kelompok Tani Empelan Terbin dengan tujuan untuk memperkenalkan produk ke masyarakat luas. Selain itu, Kelompok Tani Empelan Terbin memperoleh profit dari penjualan produk pertanian untuk pengelolaan lahan pertanian secara berkelanjutan. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini terdiri dari beberapa tahapan yaitu penyuluhan, pelatihan dan pendampingan. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini berupa pemahaman peserta pelatihan terkait pemasaran digital melalui facebook dan peningkatan kemampuan dalam pengimplementasian hasil materi pelatihan. Evaluasi kepuasan peserta pelatihan terhadap pelaksanaan program pengabdian masyarakat dilakukan melalui kusioner dan diolah menggunakan skala likert. Hasil indeks kepuasan yang diperoleh sebesar 86,36% yang menyatakan sangat puas.

References

Fauzi, A. R., Ichniarsyah, A. N., & Agustin, H. (2016). PERTANIAN PERKOTAAN : URGENSI, PERANAN, DAN PRAKTIK TERBAIK Urban Agricuture : Urgency, Role, and Best Practice. Jurnal Agroteknologi, 10(01), 49–62.

Maxmanroe.com. (2015). 4 Strategi Pemasaran Bisnis Melalui Website. Retrieved from https://www.maxmanroe.com/4-strategi-pemasaran-bisnis-melalui-website.html

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/COMMON.V3I1.1950

Rahadi, D. R., & Zanial. (2017). Social Media Marketing dalam Mewujudkan E-Marketing. Journal Marketing, 8(4), 71–72.

Downloads

Published
2023-04-28

How to Cite

Novianti, K. D. P., & Ni Kadek Sukerti. (2023). Pemanfaatan Pemasaran Digital sebagai Media Penjualan Produk Pertanian Perkotaan oleh Kelompok Tani Empelan Terbin. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 5(2), 27-33. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v5i2.362