Pelatihan Pemasaran dan Manajemen Keuangan pada IRT Men Liong

Authors

  • Ida Bagus Ketut Surya Arnawa Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Ida Ayu Gede Wiwik Purnamayanti Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali

DOI:

https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v5i2.364

Keywords:

makanan tradisional

Abstract

Warung Men Liong yang didirikan pada tahun 2017 oleh Ni Made Rai Artini. Adapun makanan tradisional yang dijual oleh mitra yaitu pisang rai, bubur bali, tipat cantok, tum ayam dan sayur urap. Mitra belum bisa mengetahui berapa omset yang dihasilkan. Selama ini, mitra tidak pernah mempromosikan produknya sehingga produk yang diproduksinya kurang dikenal oleh masyarakat, pemasaran hanya dilakukan dari mulut ke mulut. Peralatan yang digunakan sudah mulai usang dan jumlahnya yang kurang banyak. Selain itu mitra juga mengalami kendala kemasan produk, dimana sampai saat ini mitra belum memiliki label kemasan pada produk yang dihasilkan. Hcaasil analisis situasi menunjukkan bahwa mitra mengalami kendala dalam hal peralatan produksi, pemasaran produk, label kemasan, dan manajemen keuangan yang masih belum ada. Rangkaian kegiatan yang dilakuan pada pengabdian ini yaitu sosialisasi kegiatan, pengadaan barang, pembuatan akun sosial media, pelatihan pemasaran online, pelatihan manajamen keuangan serta monitirng dan evaluasi. Setelah kegiatan pengabdian selesai dilakukan menghasilkan peningkatan pengetahuan mitra khususnya dalam media sosial Instagram dalam melakukan pemasaran, keuangan mitra sudah memanfaatkan aplikasi Excel sehingga manajemen keuangan mitra tertata rapi. Penjualan mitra juga mengalami peningkatan sebesar 66,67%.

Downloads

Published

2023-04-28

How to Cite

Arnawa, I. B. K. S., & Ida Ayu Gede Wiwik Purnamayanti. (2023). Pelatihan Pemasaran dan Manajemen Keuangan pada IRT Men Liong. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 5(2), 40-46. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v5i2.364

Issue

Section

Articles