Implementasi Pemanfaatan Teknologi Multimedia Terkini di SMA Negeri 1 Selemadeg

Authors
  • Ketut Widi Artawan Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Ni Luh Putu Sintya Budyawati Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Ni Putu Ade Pertiwi Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Ni Putu Dian Puspita Utami Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Gede Harsemadi Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Kadek Surya Adi Saputra Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v5i2.366


Keywords: Teknologi, Multimedia, Aplikasi Canva
Section: Articles

Abstract

Minimnya pengetahuan dalam bidang teknologi terkini yang dimiliki oleh beberapa siswa dan siswi di SMA Negeri 1 Selemadeg yang membuat kurangnya keterampilan mengenai desain grafis dalam penyampaian informasi penting dari sekolah. Kemajuan teknologi yang tidak bisa dibendung lagi memaksakan para siswa dan siswi untuk dapat mengikuti perkembangannya di berbagai bidang, salah satunya media visual. Media visual disebut dapat membantu dalam menangkap informasi menjadi lebih mudah. Karena itu, edukasi mengenai pemanfaatan teknologi multimedia terkini sangatlah diperlukan. Dengan metode pembelajaran berbentuk sosialisasi dan pelatihan desain grafis yang menarik dan kreatif diharapkan dapat meningkatkan literasi digital para siswa dan siswi serta meningkatkan cara penyampaian informasi yang lebih menarik. Salah satu platform yang dapat mengasah ketrampilan desain grafis ini adalah aplikasi Canva. Aplikasi Canva memiliki layanan atau program khusus untuk tujuan pendidikan yang disebut Canva for Education. Layanan ini dirancang agar guru dan siswa dapat terus memiliki pengalaman belajar yang kreatif, inovatif, kolaboratif, dan menyenangkan. 

References

M. F. M. A. H. R. Aprilla Adawiyah, "Literasi Visual Melalui Teknologi Canva (Stimulasi Kemampuan Kreativitas Berbahasa Indonesia Mahasiswa)," vol. 1, p. 187, 2019.

Dewojati, R. K. W. (2015). Desain Grafis Sebagai Media Ungkap Periklanan. Imaji, 7(2). https://doi.org/10.21831/imaji.v7i2.6633

Pelangi, Garris. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. Jurnal Sasindo Unpam, Vol 8, No 2, Desember 2020 PEMANFAATAN, 8(2), 79–96.

Sudirman, L., Guswandi, C. P., & Disemadi, H. S. (2021). Kajian Hukum Keterkaitan Hak Cipta Dengan Penggunaan Desain Grafis Milik Orang Lain Secara Gratis Di Indonesia. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial,8(3), 207-218.

Hanifah, A. N. (2019). Peran Desainer Grafis Dalam Pembuatan Konten Visual Di Tulangmooda Creative Network Yogyakarta (Doctoral dissertation, Stikom Yogyakarta).

Sakinah, L., Rahmawati, N., & Salman, H. (2020). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Tingkat SMK di SMKN 1 Gunung Putri Bogor. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat,1(4), 476-480.

Downloads

Published
2023-04-28

How to Cite

Ketut Widi Artawan, Ni Luh Putu Sintya Budyawati, Ni Putu Ade Pertiwi, Ni Putu Dian Puspita Utami, I Gede Harsemadi, & Kadek Surya Adi Saputra. (2023). Implementasi Pemanfaatan Teknologi Multimedia Terkini di SMA Negeri 1 Selemadeg . WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 5(2), 34-39. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v5i2.366