Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Diversifikasi Produk pada UMKM Kripik Pisang di Dusun Wanayu, Selemadeg Barat, Tabanan

Authors
  • Ni Luh Gede Pivin Suwirmayanti ITB STIKOM Bali
  • I Made Sudarsana Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Ricky Aurelius Nurtanto Diaz Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Luh Putu Ersamiya Ika Jayanthi Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Putu Adi Guna Permana Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Rosalia Hadi


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v5i2.368


Keywords: Teknologi Informasi, Diversifikasi Produk, Kripik Pisang, Dusun Wanayu
Section: Articles

Abstract

UMKM memiliki peran strategis dalam menjaga dan mendukung pertumbuhan ekonomi. Potensi tersebut terlihat pada peran UKM sebagai sumber pendapatan sektor publik, mengatasi pengangguran, meningkatkan PDB, nilai tukar dan investasi. UMKM pada kegiatan ini adalah UMKM Kripik Pisang yang dimiliki oleh ibu Amiani. Beliau adalah mitra pada kegiatan pengabdian masyarakat yang memiliki usaha mikro di Dusun Wanayu, Desa Angkah, Tabanan. Jarak lokasi usaha Ibu Amiani dengan pengusul diperkirakan 50,1 km. Ibu Amiani hanya memiliki satu jenis variasi produk kripik pisang dengan rasa manis yang dijual dengan harga 1000/kemasan kecil, dan 5000/kemasan besar. Usaha kripik ibu Amiani dapat memproduksi 300 bungkus kripik pisang dengan penjualan 300.000 setiap hari. Produksi keripik pisang dilakukan disesuaikan dengan jumlah pesanan produk. Berdasarkan permasalahan mitra yang mengacu pada analisis situasi yang ada dan dihadapi oleh mitra usaha kripik pisang, maka solusi permasalahan yang diberikan dalam kegiatan pengabdian ini mencakup pada penyediaan alat atau teknik yang secara tepat dapat membantu meningkatkan volume produksi seperti oven gas, panci yang lebih besar, dan mesin penyegel plastik. Pendampingan diversifikasi produk kripik pisang mitra dengan menambahkan varian rasa produk mitra yaitu kripik pisang original, rasa coklat dan rasa keju. Desain label untuk kemasan yang menarik dan pelatihan pengemasan. Edukasi dan pemasaran melalui media online yaitu media sosial Facebook dan Instagram.

References

Ardiyasa, I. W., & Wibawa, I. P. C. (2018). Pembuatan Aplikasi E-Commerce Berbasis Web pada UMKM Kopi UD. Arta Merta Banjar Badingkayu Desa Pengeragoan, Jembrana. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 1(3), 67–71. https://widyabhakti.stikom-bali.ac.id/index.php/widyabhakti/article/view/108

Gautama, I. M. B., & Putri, D. R. (2019). Perancangan Label Kemasan Aneka Kue dan Banner Sebagai. Jurnal Ilmiah Populer, 1(2), 14–20.

Gede, L., Suwirmayanti, P., Sudarsana, I. M., Hadi, R., Adi, P., & Permana, G. (2022). Optimalisasi Produksi dan Pemasaran Usaha Kue Bolu di Desa Kenderan Gianyar Dengan Alat Produksi dan Label Kemasan. 4(3), 81–88.

Ketut Dedy Suryawan, I Wayan Karang Utama, I. K. T. A. S. (2021). Optimasi Tatakelola Usaha UKM Jaengati di Masa Pandemi. Jurnal Widyabhakti, 4, 21–26.

Downloads

Published
2023-04-28

How to Cite

Suwirmayanti, N. L. G. P., I Made Sudarsana, Ricky Aurelius Nurtanto Diaz, Luh Putu Ersamiya Ika Jayanthi, Putu Adi Guna Permana, & Rosalia Hadi. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Diversifikasi Produk pada UMKM Kripik Pisang di Dusun Wanayu, Selemadeg Barat, Tabanan. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 5(2), 7-14. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v5i2.368