Pelatihan Strategi Membangun Brand untuk Bisnis F&B dengan Dekaka Shop

Authors

  • Erwan Adi Saputro Program Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Pembangnan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Andre Yusuf Trisna Putra Teknologi Pangan, Fakultas Teknik, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Arista Pratama Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Ardika Nurmawati Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v6i1.369

Keywords:

Brand, Dekaka Shop, UKM

Abstract

Dekaka Shop adalah usaha kecil menengah (UKM) di bidang foods and bevarages (F&B) yang berdiri pada tahun 2015 oleh Pak Kasmadi di Jalan Jatikerto, 292, Bedali, Kromengan, Kabupaten Malang. Saat ini Dekaka Shop telah mampu memproduksi beragam produk, seperti sayur segar, rimpang-rimpangan segar, bumbu masak siap pakai, sambal botol, dan kurma tomat (Kurmat). Kesulitan yang dialami oleh Dekaka Shop adalah masih kurangnya pengetahuan mengenai strategi membangun brand dari Dekaka Shop sendiri yang menyebabkan produk – produk Dekaka Shop masih sulit dikenal oleh masyarakat. Program kegiatan Matching Fund telah membantu Dekaka Shop memberikan pelatihan dalam rangka membuat strategi membangun brand untuk bisnis F&B. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan edukasi pada masyarakat tentang strategi branding serta memahami dengan benar keinginan dan kebutuhan konsumen serta prospek dari UKM. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode hybrid yaitu memberikan pelatihan secara online maupun offline secara bersamaan kepada Dekaka Shop dan masyarakat umum. Hasil dari kegiatan ini adalah peningkatan kualitas branding Dekaka Shop, serta memberikan wawasan kepada masyarakat umum tentang bagaimana membangun brand untuk sebuah bisnis F&B.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Erwan Adi Saputro, Andre Yusuf Trisna Putra, Arista Pratama, & Ardika Nurmawati. (2023). Pelatihan Strategi Membangun Brand untuk Bisnis F&B dengan Dekaka Shop. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 6(1), 67-72. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v6i1.369

Issue

Section

Articles