Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva dan Powtoon sebagai Media Pembelajaran

Authors
  • Ni Putu Linda Santiari Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Putu Ramayasa Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Wayan Kayun Suwastika Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Gede Surya Rahayuda Universitas Udayana
  • Dadang Hermawan Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v5i3.372


Keywords: media, canva, powtoon
Section: Articles

Abstract

SMK Bina Madina Denpasar merupakan salah satu sekolah  yang telah berdiri sejak tahun 2009. Pasca pandemi covid-19, pembelajaran dilakukan secara offline. Pembelajaran offline ini juga mempunyai kendala setelah selama 2 tahun dilakukan pembelajaran online. Kendala yang pertama yaitu manajemen waktu, dan kurangnya konsentrasi siswa saat pembelajaran di kelas. Sebagai seorang pendidik untuk mengatasi kendala ini, perlu memberikan inovasi dalam penyampaian materi dan mengajar. Namun, banyak tenaga pendidik yang masih melakukan kegiatan mengajar secara konvensional yaitu dengan ceramah. Pembelajaran secara ceramah sedikit diminati oleh para siswa apalagi siswa-siswa yang terkena pembelajaran daring saat pandemi. Kurangnya pengetahuan guru dalam membuat konten pembelajaran, Dari hasil analisis dan wawancara yang dilakukan, penulis bermaksud melakukan pengabdian dengan judul Pembuatan Media Pembelajaran Pada Smk Bina Madina Denpasar. Kegiatan pengabdian difokuskan kepada pelatihan dan pendampingan pembuatan media pembelajaran dengan Canva dan Powtoon, Kegiatan dilakukan dengan metode ceramah, tanya jawab dan praktek langsung. Dari hasil pelatihan yang dilakukan didapatkan indikator capaian adalah 100% Guru SMK Bina Madina Denpasar yang mengikuti pelatihan dapat membuat media pembelajaran dengan Canva dan Powtoon.

 

References

Alami, Y., Najmudin, D., 2022. Variasi Model Pembelajaran Guru Pasca Pandemi Covid 19. Tarbiyatu wa Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam 4, 43–50.

Danim, S., 2022. Reformasi Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19. In: Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Farah, B., 2020. Analisis perubahan orientasi pola hidup mahasiswa pasca berakhirnya masa pandemi covid-19. Jurnal Noken Universitas Muhammadiyah Sorong 5.

Milhaq, M., Qosim, A., Ismail, S.N., 2023. Penguatan Nilai-Nilai Karakter Siswa Melalui Manajemen Ekstrakurikuler Seni Islami Di SMK Bina Madina Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020. Faidatuna 4, 128–144.

Resmini, S., Satriani, I., Rafi, M., 2021. Pelatihan penggunaan aplikasi canva sebagai media pembuatan bahan ajar dalam pembelajaran bahasa inggris. Abdimas Siliwangi 4, 335–343.

Usman, D.H., Mujahidin, E., Fath, A.F., 2021. Penerapan metode ceramah online dalam pembelajaran di masa pandemi COVID-19. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam 10, 496–511.

Usman, H., Raharjo, N.E., 2012. Model Pendidikan Karakter Kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan 21.

Wibowo, N., 2016. Upaya memperkecil kesenjangan kompetensi lulusan sekolah menengah kejuruan dengan tuntutan dunia industri. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan 23, 45–59.

Downloads

Published
2023-07-31

How to Cite

Ni Putu Linda Santiari, I Putu Ramayasa, I Wayan Kayun Suwastika, I Gede Surya Rahayuda, & Dadang Hermawan. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva dan Powtoon sebagai Media Pembelajaran. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 5(3), 50-55. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v5i3.372