Pengenalan Sapta Pesona melalui pembelajaran bahasa Inggris sangat penting untuk diterapkan sejak usia dini, khususnya terhadap anak usia dini yang tumbuh dan berkembang di wilayah pariwisata seperti Bali. Akan tetapi, fakta di lapangan menunjukkan bahwasanya masih terdapat sekolah dasar di kawasan Kota Denpasar yang tidak memiliki guru bahasa Inggris. Hal tersebut menjadi latar belakang diadakannya pengabdian kepada masyarakat yang dikemas dalam bentuk pengajaran bahasa Inggris berbasis Sapta Pesona di SD Negeri 9 Kesiman. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan menggunakan metode ceramah dan diskusi yang berlangsung selama enam bulan dari bulan November 2022 hingga Mei 2023. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan menunjukkan proses dan luaran yang baik dilihat dari adanya peningkatan soft skill dan hard skill bahasa Inggris peserta didik kelas 5 dan 6 di SD Negeri 9 Kesiman secara bertahap.
Hadi, W., Widyaningsih, H. (2021). Persepsi Wisatawan dengan Sapta Pesona di Candi Ijo Desa Sambirejo, Prambanan, Sleman. Khasanah Ilmu: Jurnal Pariwisata dan Budaya, 12(1).
Nasution, L., Anom, S., Karim, A. (2020). Pengaruh Program Sapta Psona dan Fasilitas terhadap Tingkat Kunjungan Objek Wisata T- Gardendi Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Darma Agung, 28(2), 211-230.
Nurwati, E., Fitri, L. (2017). Pengaruh Produk dan Sapta Pesona terhadap Kepuasan Pengunjung di Kawasan Kota Tua Jakarta. Jurnal EDUTURISMA, 2(1).
Purwanti, R. (2020). Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Anak Usia Dini melalui Metode Gerak dan Lagu. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(2), 91.105.
Setiawati, R., Aji, P. S. T. (2020). Implementasi Sapta Pesona sebagai Upaya dalam Memberikan Pelayanan Prima pada Wisatawan di Desa Wisata Pentingsari. Jurnal Administrasi Bisnis Terapan, 2(2).
Tauhid, B. (2023). Pengembangan Desa Wisata melalui Pembekalan Bahasa Inggris Dasar berbasis Pengenalan Lingkungan bagi Masyarakat di Desa Wisata Tiga Rihit Kampung Warna Warni Kabupaten Simalungun. Jurnal Akomodasi Agung, 10(1).
Umiyati, M., Widayanti, N. M. C. (2022). Pengajaran Bahasa Inggris kepada Anak-Anak Binaan di Desa Suwung yang Dikelola Komunitas Kammbodja Rumah Belajar. Linguistic Community Service Journal, 3(1), 9-15.
Wisnawa, I. M. B., Telagawathi, N. L. W. S., Rusmiati, N. N., Wartana, I. M. H., Budiasa, I. K. (2023). Pengembangan Potensi Wisata dengan Pendekatan Sapta Pesona di Desa Wanagiri Kauh Tabanan Bali. Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata, 6(1).