Penerapan Bantuan Aplikasi Pembelajaran Online untuk Mempermudah Proses Belajar Mengajar di SD CIS Bali pada Masa Learning From Home

Authors
  • Made Agus Putra Subali Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Ketut Putu Suniantara
  • Gusti Ayu Made Arna Putri
  • I Gede Suardika
  • Dadang Hermawan Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v5i3.377


Keywords: aplikasi ujian online, learning from home, materi ajar interaktif
Section: Articles

Abstract

Saat ini proses pembelajaran pada SD CIS Bali dilakukan antara pendidik dan peserta didik melalui aplikasi WhatsApp (WA) Group. Kelemahan aplikasi WA apabila digunakan sebagai media pembelajaran adalah belum adanya fitur bagi pendidik dalam mengelola dan memvalidasi hasil ujian, selain itu dalam proses penyampaian materi, pendidik hanya memberikan materi ke dalam bentuk dokumen pdf dan slide presentasi sederhana. Berdasarkan permasalahan tersebut tim dan mitra sepakat memberikan bantuan dalam pengembangan aplikasi web media pembelajaran online dengan fitur: (1) halaman pendidik untuk mengelola dan memvalidasi hasil ujian serta (2) halaman peserta didik untuk mengerjakan soal ujian. Selain itu, turut diberikan pelatihan serta pendampingan dalam pembuatan materi ajar, seperti pembuatan slide presentasi dan video tutorial. Berdasarkan hasil dari kegiatan pelatihan serta pendampingan dalam penggunaan bantuan aplikasi web media pembelajaran online, para pendidik dapat menggunakan keseluruhan fitur pada aplikasi serta dapat memahami keseluruhan materi dalam pembuatan slide presentasi maupun video tutorial dengan baik.

References

Batubara, H. H. and Ariani, D. N. (2016) ‘Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran Matematika SD/MI’, MUALLIMUNA: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), pp. 48–66.

Herliandry, L. D. et al. (2020) ‘Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), pp. 65–70.

Indrawatiningsih, N. and Hakim, L. (2021) ‘Peningkatan iptek guru TK melalui penggunaan aplikasi zoom untuk pembelajaran berbasis daring’, Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(2), pp. 282–289.

Lestari, N. and Wirasty, R. (2019) ‘PEMANFAATAN MULTIMEDIA DALAM MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA’, Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), pp. 349–353.

Oktawirawan, D. H. (2020) ‘Faktor Pemicu Kecemasan Siswa dalam Melakukan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), pp. 541–544.

Prasetyo, E. and Putra, A. (2021) ‘Implementasi Waterfall Model Dalam Pengembangan Sistem Informasi Eksekutif Penduduk’, Journal of Information Systems and Informatics, 3(1), pp. 213–224.

Purwono, J., Yutmini, S. and Anitah, S. (2014) ‘Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan’, Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), pp. 127–144.

Sadikin, A. and Hamidah, A. (2020) ‘Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19’, BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), pp. 214–224.

Sasmito, G. W. (2017) ‘Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal’, Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT (JPIT), 2(1), pp. 6–12.

Supratman, E. and Purwaningtias, F. (2018) ‘Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Schoology’, Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT (JPIT), 3(3), pp. 310–315.

Downloads

Published
2023-07-31

How to Cite

Made Agus Putra Subali, I Ketut Putu Suniantara, Gusti Ayu Made Arna Putri, I Gede Suardika, & Dadang Hermawan. (2023). Penerapan Bantuan Aplikasi Pembelajaran Online untuk Mempermudah Proses Belajar Mengajar di SD CIS Bali pada Masa Learning From Home. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 5(3), 56-62. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v5i3.377