Mitra dalam kegiatan pengabdian masyarakat internal ini adalah UKM milik Ibu Ni Komang Ana Handayani, umur 46 tahun dan usaha ini sudah berdiri sejak tahun 2020 yang berlokasi di Jalan Wibisana Barat gang 2 g no 23. Berdasarkan informasi yang diperoleh omset yang didapatkan oleh mitra sejak tahun 2020 sampai saat ini tidak menentu. Berdasarkan hasil observasi lapangan dan wawancara yang dilaksanakan pada tanggal 29 Nopember 2022, diketahui sejak menjalankan usaha kecil ini, mitra belum pernah melakukan pembukuan keuangan, mitra hanya mengandalkan ingatan dan pencatatan secara manual sesuai dengan kemampuan mitra. Mitra beralasan bahwa usahanya ini dijalankan secara mandiri sehingga mitra menganggap pembukuan tidak perlu dilakukan. Mitra juga belum memanfaatkan teknologi informasi dan social media untuk memasarkan produk yang mitra jual dan mitra tidak memiliki tempat display untuk produknya. Sehingga dengan berbagai masalah yang dihadapi mitra, peneliti akan memberikan pelatihan Manajemen Kuangan dengan Aplikasi Buku Kas, Pelatihan penggunaan Sosial Media dan Pelatihan penjualan menggunakan marketplace yang bertujuan agar konsumen mitra bisa lebih banyak dan banyak yang mengetahui usaha mitra ini. serta memberikan Rak agar mitra dapat memajang produknya.
Kata kunci : UKM, Jajan, Rangin
Astiti, N. M., Ulandari, N. W. A. and Putra, I. P. W. (2022) ‘Pemanfaatan Teknologi Informasi Manajemen Keuangan dan Sosial Media pada UKM Sarana Upacara Agama’, WIDYABHAKTI JURNAL ILMIAH POPULER, 5(1), pp. 14–19.
Astiti, N. M., Ulandari, N. W. A. and Putra, I. P. W. (2023) ‘Implementasi Metode Cpi Dalam Proses Seleksi Supplier Terbaik Di Duta Orchid’, Naratif : Jurnal Nasional Riset, Aplikasi dan Teknik Informatika, 5(1), pp. 46–53. doi: 10.53580/naratif.v5i1.210.
Firdaus, N., Suwirmayanti, N. L. G. P. and Putra, I. P. W. (2022) ‘Penerapan Metode Moora untuk Bantuan Langsung Tunai pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Bali’, in SEMINAR NASIONAL CORISINDO, pp. 586–592.
Legina, X. and Sofia, I. P. (2020) ‘Pemanfaatan Software Pembukuan Akuntansi Sebagai Solusi Atas Sistem Pembukuan Manual Pada Umkm’, Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 4(2), p. 172. doi: 10.31851/neraca.v4i2.4771.
Made Arna Putri, G. A., Ari Ulandari, N. W. and Sri Jaya Kusuma, I. N. (2020) ‘PKM Pemanfaatan Media Sosial & Aplikasi Pengolahan Angka dalam Peningkatan Penjualan’, WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 2(3), pp. 67–78. doi: 10.30864/widyabhakti.v2i3.199.
Moriansyah, L. (2015) ‘Pemasaran Melalui Media Sosial’, Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik, 19(3), pp. 187–196.
Nuraeni, A. et al. (2022) ‘Penerapan Kemasan Dan Label Untuk Produk Olahan Singkong Di Kelompok Tani Barokah’, Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), pp. 178–183. doi: 10.31004/cdj.v3i1.3647.
Setyawan, A. et al. (2021) ‘Strategi promosi usaha dengan pembuatan spanduk dan akun instagram pada bengkel motor apui’, 3, pp. 988–997.
Wulandari, O. A. D., Ujiani, U. and Putri, N. R. (2020) ‘Analisis Pemanfaatan Marketplace Dalam Meningkatkan Pendapatan Bagi Penjualan Produk Umkm Di Purbalingga’, Jurnal Ekonomi Manajemen, 6(2), pp. 96–101. doi: 10.37058/jem.v6i2.1978.