Handicraft merupakan kerajinan yang dikerjakan dengan tangan menggunakan teknik-teknik tertentu dan menghasilkan karya yang tidak biasa dan bernilai ekonomis. Produk handicraft sering ditemui di daerah objek wisata, dengan tujuan untuk menarik perhatian wisatawan dan menunjukkan ciri khas suatu daerah. Bali sebagai destinasi wisata yang terkenal di mancanegara, memiliki keragaman jenis produksi handicraft, salah satunya adalah Bali Artshop. Hasil observasi yang dilakukan, ditemukan permasasalahan pada UKM yaitu adanya keterbatasan pengetahuan dalam pengenalan produk dalam bentuk dokumentasi foto. selama ini pengenalan produk kerajinan tangan berbentuk patung menggunakan kamera handphone dan tidak memiliki hasil yang berkualitas. Selain keterbatasan perangkat, teknik editing juga tidak dikuasai oleh UKM. Sehingga dalam usulan kegiatan pengabdian dilaksanakan pelatihan pengambilan foto produk kerjaninan tangan bentuk patung pada UKM Bali Artshop. Kegiatan diawali dengan persiapan pemilihan patung unggulan, pengambilan foto produk kerajinan tangan dan teknik editing. Kegiatan pelatihan dilaksanakan selama 5 jam. Hasil kegiatan didapatkan 50 - 70 foto dan berhasil digunakan sebagai media promosi yang diunggah dalam bentuk website profil UKM.
Albattat, A. (2020) ‘The Impact of Online Marketing in Travel Agency’, in Hassan, A. and Sharma, A. (eds) The Emerald Handbook of ICT in Tourism and Hospitality. Emerald Publishing Limited, pp. 85–96. doi: 10.1108/978-1-83982-688-720201006.
Annistri, A. (2020). 8 Layanan Wisata Virtual, Tinggal Rebahan Bisa Keliling Dunia. CekAja. Retrieved 19 October 2021, from https://www.cekaja.com/info/wisata-virtual.
Badan Pusat Statistika. (2020). Laporan Survei Wisatawan Nasional (Outbound)Tahun 2019 (pp. 10 & 23).
BPS RI Budhiman, I. (2021). 15 Tempat Wisata Terkenal yang Bisa Dikunjungi Lewat Virtual Tour. 99.co. Retrieved 19 October 2021, from https://www.99.co/blog/indonesia/tempat-wisata-virtual-tour/.
Chung, J., Lee, J. and Heath, R. (2013) ‘Public relations aspects of brand attitudes and customer activity’, Public Relations Review, 39, pp. 432–439. doi: 10.1016/j.pubrev.2013.05.001.
CANDRIKA TRAVEL | Virtual Tour (@candrika.travel) on Instagram — IGBlade analytics and insights. IGBlade. (2021). Retrieved 20 October 2021, from https://igblade.com/instagram/candrika.travel.
Getz, D. and Page, S. J. (2019) Event studies: Theory, research and policy for planned events.
Routledge. Goldblatt, J. (2013) Special Events: Creating and Sustaining a New World for Celebration. Wiley (The Wiley Event Management Series). Available at: https://books.google.co.id/books?id=WQOJAgAAQBAJ.
Itani, O. and Hollebeek, L. (2021) ‘Light at the end of the tunnel: Visitors’ virtual reality (versus in-person) attraction site tour-related behavioral intentions during and post-COVID-19’, Tourism Management, 84, p. 104290. doi: 10.1016/j.tourman.2021.104290.
Keller, K. L. (2008) Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity. Pearson/Puutyrentice Hall. Available at: https://books.google.co.id/books?id=32FyPwAACAAJ.
Moise, D., Bogdan, G. and Daniel, Z. (10 2012) ‘The Use of Event Marketing Management Strategies’. doi: 10.1016/j.sbspro.2012.06.448.