Pendampingan Pembuatan Video Produk VCO pada UMKM Bali Cebelok Gesiuh

Authors
  • Ni Nyoman Utami Januhari publikasi
  • Muhammad Riza Hilmi Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Ni Luh Putri Srinadi Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Ida Bagus Suradarma Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Tubagus Mahendra Kusuma Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Made Liandana Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v6i1.385


Keywords: Virgin Coconut Oil (VCO), UMKM, video produk.
Section: Articles

Abstract

Virgin coconut oil (VCO) adalah minyak kelapa yang diekstraksi dari buah kelapa. Proses pembuatan VCO memerlukan waktu hingga dapat dikonsumsi atau layak pakai secara langsung. Salah satu UMKM yang memproduksi VCO di daerah Tegallalang, Banjar Pujung Kaja adalah Bali Cebelok Gesiuh Coconut Oil Organic. Usaha ini telah berjalan selama 10 tahun sejak tahun 2012 dan hingga saat ini masih bisa memproduksi VCO. Selain memproduksi VCO, UMKM juga membuka kursus membuat VCO bagi wisatawan. Hasil kunjungan ke UMKM, ditemukan permasalahan dalam hal pemasaran produk yaitu adanya keterbatasan pengenalan proses pembuatan produk VCO. Kelas kursus yang dibuka untuk wisatawan hanya berlaku dalam satu hari, sehingga wisatawan memerlukan bahan pembelajaran yang menarik dalam bentuk video pembelajaran. Sehingga berdasarkan permasalahan dan kondisi di UMKM, dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan pendampingan pembuatan video produk VCO bagi UMKM. Pelaksanaan kegiatan diawali dengan persiapan bahan pembuatan VCO, proses perekaman video pembuatan VCO dan perekaman video profil dari pemilik UMKM. Hasil kegiatan pengabdian adalah berupa video dokumentasi pembelajaran pembuatan VCO dengan video yang naratif. Video ini bermanfaat untuk UMKM, yang nantinya dapat diberikan kepada wisatawan yang ikut kursus sebagai bahan pembelajaran pembuatan VCO secara mandiri.

 

References

Chaidir, R.R.A. et al. (2023) ‘Pemanfaatan potensi lokal Desa Mokong Sumbawa NTB melalui pelatihan pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO)’, KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 6(3). Available at: https://doi.org/10.28989/kacanegara.v6i3.1594.

Darmawan, D. (2023) ‘Pengaruh Promosi, Ulasan Produk, Dan Persepsi Harga Terhadap Pemilihan Toko Online’, Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan, 6(1), pp. 95–105. Available at: https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v6i1.1382.

Indana, L., Hidayati, R. and Satriyawan, H. (2022) ‘Pembuatan Profil Usaha dan Pemberdayaan Masyarakat melalui Media Digital untuk Meningkatkan Produktivitas Masyarakat di Era Pandemi (Company Profiles and Empowering Society through Digital Media to Increase Productivity Society in the Pandemic Era)’, JAST : Jurnal Aplikasi Sains dan Teknologi, 6(1), pp. 43–53. Available at: https://doi.org/10.33366/jast.v6i1.

Kurnianti, A., Azizah, L.M. and Mufidah, I. (2022) ‘Branding Umkm Dan Pembuatan Media Promosi Usaha Kuliner’, Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat[Preprint], (May). Available at: https://doi.org/10.18196/ppm.44.604.

Mukrimaa, S.S. et al. (2016) ‘Pembuatan Virgin Coconut Oil Dengan Metode Penggaraman’, Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August), p. 128.

Muntasir, Regaletha, T.A.L. and Kenjam, Y. (2022) ‘PKM Peningkatan Mutu dan Produksi VCO Tradisional Pada Industri Rumah Tangga di Desa Baumata Kecamatan Taebenu Kabupaten Kupang’, Jati Emas (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat), Vol. 6 No. 3(2550–0821), pp. 117–122. Available at: https://doi.org/10.36339/je.v6i3.671.

Octaviany, A., Susanti, E. and Yonatia, J. (2023) ‘Media Promosi untuk Mengangkat Produk Kerajinan Lokal Indonesia’, Kreativitas dan Inovasi

Downloads

Published
2023-11-30

How to Cite

Januhari, N. N. U. ., Hilmi, M. R. ., Srinadi, N. L. P. ., Suradarma, I. B. ., Kusuma, T. M. ., & Liandana, M. . (2023). Pendampingan Pembuatan Video Produk VCO pada UMKM Bali Cebelok Gesiuh. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 6(1), 15-20. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v6i1.385