Upaya Promosi Peningkatan Hasil Usaha Laklak Sebagai Jajanan Tradisional Bali

Authors

  • I Gusti Ayu Vina Widiadnya Putri Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Jenny Pratiwi Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v6i1.397

Keywords:

promosi, UMKM, pedagang

Abstract

Pengaruh pandemi virus Covid-19 memberikan dampak yang sangat signifikan utamanya di bidang ekonomi bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Bali. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan di Desa Sudimara, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan yang menyasar masyarakat pelaku UMKM Laklak Bali. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah rendahnya hasil usaha yang didapatkan. Peristiwa ini berkaitan dengan rendahnya pengetahuan pedagang mengenai media promosi produk jajanan laklak Bali secara online. Ditinjau dari aspek manajemen, usaha jajanan laklak Bali ini belum memiliki pencatatan keuangan untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran, sehingga aktifitas usaha kurang tidak teratur. Hasil dari pengabdian masyarakat ini adalah mitra dapat menggunakan media sosial untuk memasarkan dan mempromosikan produknya sebagai upaya peningkatan hasil usaha. Selain itu, mitra dapat melakukan pencatatan keuangan secara rutin di setiap aktifitas usahanya.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Putri, I. G. A. V. W., & Ni Putu Jenny Pratiwi. (2023). Upaya Promosi Peningkatan Hasil Usaha Laklak Sebagai Jajanan Tradisional Bali. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 6(1), 38-43. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v6i1.397

Issue

Section

Articles