Pelatihan Digital Marketing, Manajemen Keuangan, dan Website UMKM untuk Membangun Ekspor di Pasar Internasional

Authors
  • Made Ayu Jayanti Prita Utami Politeknik Negeri Bali
  • I Putu Okta Priyana Politeknik Negeri Bali
  • I Wayan Eka Dian Rahmanu Politeknik Negeri Bali
  • Ni Nengah Lasmini Politeknik Negeri Bali
  • Ni Kadek Herna Lastari Politeknik Negeri Bali


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v6i1.398


Keywords: Digital Marketing, Manajemen Keuangan, Pasar Internasional
Section: Articles

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan sektor usaha yang berperan penting dalam mendorong pemerataan kesejahteraan masyarakat dan merupakan tulang punggung yang dapat membantu perekonomian di Indonesia. Perkembangan salah satu UMKM di Kabupaten Jembrana bisa dikatakan cukup pesat yang berfokus pada bidang usaha produksi jahe merah dalam kemasan, kopi dan juga budidaya serta penjualan jangkrik sebagai pakan ternak. Saat ini hasil-hasil usaha dari jahe merah, kopi, dan jangkrik dijual secara tradisional oleh masing-masing anggota kelompok. Metode pemasaran yang dilakukan tentunya masih bersifat konvensional. Konsep pemasaran konvensional memiliki kelemahan, salah satunya adalah kurang dikenalnya produk oleh masyarakat. Untuk itu dalam anggota kelompok KJM akan dibekali pelatihan digital marketing untuk memperbarui metode pemasaran yang telah mereka lakukan sebelumnya. Kegiatan pelatihan ini dilakukan selama 2 hari berturut-turut. Hari pertama, anggota KJM diberikan pelatihan dgital marketing dan manajemen keuangan, dan di hari kedua dilanjutkan dengan kunjungan ke UMKM Jaya Mandiri. Tim Politeknik Negeri Bali melakukan serah terima papan nama, dan bahan–bahan operasional usaha serta melihat bagaimana proses produksi untuk produk-produk yang dijual. Kegiatan pelatihan ini menghasilkan output kegiatan yakni adanya website terintegrasi untuk UMKM yang ada di Desa Melaya, akun Sosial Media UMKM serta format pencatatan keuangan dan pembuatan laporan keuangan.

References

Rahmani, S., & KM, M. R. (2021). Penguatan Strategi Pemasaran Sebagai Upaya Pertahanan Usaha Mikro Milik Warga: Indonesia. Sivitas: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 81-94.doi.org/10.52593/svs.01.2.05

Ashlihah, Ashlihah, and Mohammad Sifa’ Dian Ramadhani. 2021. “Pelatihan E- Commerce Anak Muda Melek Digital Marketing Di Desa Tinggar, Kabupaten Jombang.” Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2(1): 39–43. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_ekon/article/view/1141.

Permatasari, Dianur, Febrialdy Yogapratama, Isabella Intan Kurniafitra, and Wulansari Islamiah. 2022. “Pelatihan Digital Marketing Sebagai Upaya Pengembangan Strategi Pemasaran Produk Umkm Batik.” Transformasi dan Inovasi 2(1): 60–72. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpm/article/view/15717.

Cahyana, Y. et al.(2022) ‘Perancangan Sistem Informasi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Berbasis Web Di Desa Bojongsari’, Jurnal IKRAITH INFORMATIKA, 6(2), p. 47.

Herwiyanti, E. (2020). Implementasi Standar Akuntansi Keuangan Di UMKM. Sleman: Deepublish.

Downloads

Published
2023-11-30

How to Cite

Utami, M. A. J. P. ., Priyana, I. P. O. ., Rahmanu, I. W. E. D. ., Lasmini, N. N. ., & Herna Lastari, N. K. (2023). Pelatihan Digital Marketing, Manajemen Keuangan, dan Website UMKM untuk Membangun Ekspor di Pasar Internasional. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 6(1), 52-58. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v6i1.398