Belajar Bahasa Sambil Bernyanyi dan Bercerita di Panti Asuhan Anugerah Gereja Bala Keselamatan Denpasar

Authors
  • Dian Rahmani Putri
  • Ni Luh Putu Unix Sumartini
  • Ketut Putu Suniantara


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v1i1.4


Keywords: pembelajaran bahasa, bernyanyi, bercerita
Section: Articles

Abstract

Program Belajar Bahasa Sambil Bernyanyi dan Bercerita (BBSBB) ini bertujuan memperkenalkan dan menambah pengetahuan anak-anak di bidang bahasa Inggris. Pelaksanaan BBSBB ini berlokasi di Panti Asuhan Anugerah, Gereja Bala Keselamatan Ubung Denpasar, pada bulan Mei 2018. Kegiatan ini menggunakan strategi pembelajaran menarik agar dapat memotivasi anak-anak untuk menyukai pelajaran Bahasa Inggris. BBSBB dilaksanakan dengan menggunakan 10 % metode ceramah, 60% metode latihan dan bernyanyi (drill) dan 30% sosiodrama. Pada metode yang digunakan terlihat bahwa anak-anak lebih banyak diajak langsung berlatih berbahasa Inggris sehingga lebih mudah untuk mengetahui daya tangkap anak-anak terhadap materi yang telah disampaikan. BBSBB yang telah dilakukan paling tidak mampu menumbuhkan rasa percaya diri anak-anak untuk menyenangi mata pelajaran Bahasa Inggris dan mengaplikasikan materi BBSBB di kehidupan sehari-hari khususnya di sekolah dengan lebih baik.

References

Darsono, Max. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang: Press Gagne, R., Briggs, L. & Wager, W. 1992. Principles of Instructional Design (4 th Ed.). Fort Worth, TX: HBJ College Publishers Gulo, W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo Sudjana, Nana. 2005. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algasindo

Downloads

Published
2018-11-30

How to Cite

Rahmani Putri, D., Putu Unix Sumartini, N. L., & Putu Suniantara, K. (2018). Belajar Bahasa Sambil Bernyanyi dan Bercerita di Panti Asuhan Anugerah Gereja Bala Keselamatan Denpasar. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 1(1), 13-18. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v1i1.4