Kestabilan kondisi psikologis siswa selama pembelajaran berdampak pada prestasi akademik siswa. Kondisi yang stabil akan membangkitkan motivasi siswa untuk berprestasi. Salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi berprestasi siswa adalah efikasi diri. Percaya pada diri sendiri bahwa dirinya mampu dan siap menghadapi tantangan akan mengantarkan siswa menjadi individu yang tangguh. Efikasi diri perlu dikembangkan, untuk itu pelatihan efikasi diri diperlukan untuk menjaga kestabilan kondisi psikologis siswa dan motivasi berprestasinya. Pelatihan ini diharapkan dapat membantu siswa mengenali potensi diri dan menanamkan mindset positif. Pelatihan ini dilaksanakan di SMA N 1 Mengwi dengan sasaran siswa kelas XII. Pelatihan efikasi diri dilaksanakan dalam 3 tahap yang meliputi persiapan, pelaksanaan, dan refleksi. Metode pelaksanaan dilaksakanan melalui metode penyuluhan, diskusi, dan hypnoterapi. Pelatihan efikasi diri memberikan manfaat positif bagi siswa yaitu membantu siswa memahami potensi dirinya dan menanamkan rasa syukur. Pelatihan yang dilaksanakan mendapat respon yang baik dari siswa dimana pelatihan berlangsung sangat interaktif yang terlihat dari antusias siswa mengikuti kegiatan.
Alouw, R.A. and Sangkianti, M.W. (2021) ‘Efikasi Diri Siswa dan Implikasinya Dalam Belajar Di Rumah Belajar Yayasan Cinta Bangsa (YLBC) Suku Ta Wana, Watu Bambang Morowali Utara, Sulawesi Tengah’, Saint Paul’s Review, 1(2), pp. 98–119. Available at: https://jurnal.sttsaintpaul.ac.id/index.php/spr/.
Barseli, M., Ifdil, I. and Nikmarijal, N. (2017) ‘Konsep Stres Akademik Siswa’, Jurnal Konseling dan Pendidikan, 5(3), pp. 143–148. Available at: https://doi.org/10.29210/119800.
Feist, J. and Feist, G.J. (2008) Theories of Personality. 7th edn. McGraw-Hill.
Fitriani and Rudin, A. (2020) ‘Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Efikasi Diri Siswa’, Jurnal Bening, 4(2), pp. 1–8.
Fortuna, N.D. et al. (2022) ‘Efikasi Diri Dan Motivasi Berprestasi Dalam Pembelajaran Berbasis Online Selama Masa Pandemi Covid-19’, JURNAL TARBIYAH, 29(1), p. 53. Available at: https://doi.org/10.30829/tar.v29i1.1347.
Kartianti, S. and Asgar, S. (2021) ‘Pelatihan Mengenal Potensi Diri Dan Kualitas Pribadi Bagi Siswa SMK’, Hirono: Jurnal Pengabdian Masyarakat LPPM Universitas Hein Namotemo, 1(1), pp. 33–38. Available at: http://e-jurnal.lppmunhena.ac.id/index.php/hirono.
Nihayah, L. and Retnani, W. (2017) ‘Manfaat Hipnoterapi Terhadap Minat Belajar Bagi Siswa Kelas VI Sekolah Dasar (Studi Deskriptif pada Siswa SDN Tenggulunan’, Psikologia: Jurnal Psikologi, 1(1), pp. 1–21. Available at: https://doi.org/10.21070/psikologia.v1i1.737.
Oktaverina, I. and Nashori, H.F. (2015) ‘Efektivitas Pelatihan Efikasi Diri Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama’, Talenta, 1(1), pp. 1–14.
Prihatini, A. et al. (2018) ‘Hubungan Antara Efikasi Diri dengan Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Universitas X Yogyakarta’, Jurnal Psikologi, 14(1), pp. 7–11.
Rahmawati, D., Fahrudin, A. and Abdillah, R. (2021) ‘Hubungan Kontrol Diri Dengan Stres Akademik Akibat Pembelajaran Hybrid Dalam Masa Pandemi Covid-19 Di SMK X Kota Bekasi’, Khidmat Sosial: Journal of Social Work and Social Services, 2(2), pp. 135–153.
Rohmah, F. et al. (2021) ‘Efektivitas Pelatihan Growth Mindset Pada Siswa Sma Effectiveness Of Growth Mindset Training For High School Students’, Psycho Idea, 19(1), pp. 103–114.
Rustika, I.M. (2012) ‘Efikasi Diri: Tinjauan Teori Albert Bandura’, Buletin Psikologi, 20(1–2), pp. 18–25.
Wahidah, F.R. and Royanto, L.R.M. (2019) ‘Peran Kegigihan Dalam Hubungan Growth Mindset Dan School Well-Being Siswa Sekolah Menengah’, Jurnal Psikologi TALENTA, 4(2), p. 133. Available at: https://doi.org/10.26858/talenta.v4i2.7618.