Peningkatan Branding dan Penguatan Strategi Promosi Usaha serta Manajemen Keuangan pada Skinsations Facial Studio
DOI:
https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v6i2.403Keywords:
Branding, Promosi, Manajemen KeuanganAbstract
UMKM pada kegiatan pengabdian masyarakat ini bergerak pada bidang perawatan kulit dan kecantikan, saat ini studio kecantikan yang dibuka masih sederhana dan berlokasi di tempat tinggal pemilik usaha. UMKM ini berdiri dari akhir tahun 2022, pemilik usaha ini adalah ibu Yuvita Lestari, dimana basic pendidikannya adalah seorang tenaga medis (D3 Keperawatan) yang memiliki pengalaman sudah 5 tahun dalam bidang cosmedic. Permasalahan mitra mengacu pada analisis situasi yang merupakan permasalahan perioritas mitra diantaranya pada bidang Branding Usaha, Bidang Promosi, dan Bidang Manajemne Keuangan. Merujuk pada permasalahan yang diangkat pada mitra maka solusi yang akan diberikan saat kegiatan pengabdian adalah Pelatihan dalam desain papan nama usaha dengan aplikasi, Pelatihan dan pendampingan penggunaan Instagram untuk optimasi dalam sosial media, Pelatihan manajemen keuangan dengan Aplikasi. Luaran kegiatan pengabdian yang akan ditargetkan adalah peningkatan 100% Branding Mitra, Peningkatan 50% Bidang Pemasaran Online mitra,Peningkatan 100% dalam Manajemen Keuangan. Untuk kegiatan tahap pertama yang sudah dilaksanakan adalah Peningkatan daya saing melalui optimasi promosi melalui media sosial melalui penambahan Instagram Ads, penambahan papan petunjuk uasaha mitra serta pelatihan manajemen keuangan melalui aplikasi keuangan. Aspek-aspek kegiatan dalam pengabdian sudah dievaluasi dengan hasil “Baik Sekali”.