Peningkatan Branding dan Penguatan Strategi Promosi Usaha serta Manajemen Keuangan pada Skinsations Facial Studio

Authors
  • Ni Luh Gede Pivin Suwirmayanti ITB STIKOM Bali
  • I Made Sudarsana Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Ricky Aurelius Nurtanto Diaz Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Dian Pramana Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Komang Budiarta Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Ni Putu Nanik Hendayanti Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Putu Adi Guna Permana Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v6i2.403


Keywords: Branding, Promosi, Manajemen Keuangan
Section: Articles

Abstract

UMKM pada kegiatan pengabdian masyarakat ini bergerak pada bidang perawatan kulit dan kecantikan, saat ini studio kecantikan yang dibuka masih sederhana dan berlokasi di tempat tinggal pemilik usaha. UMKM ini berdiri dari akhir tahun 2022, pemilik usaha ini adalah ibu Yuvita Lestari, dimana basic pendidikannya adalah seorang tenaga medis (D3 Keperawatan) yang memiliki pengalaman sudah 5 tahun dalam bidang cosmedic.  Permasalahan mitra mengacu pada analisis situasi yang merupakan permasalahan perioritas mitra  diantaranya pada bidang  Branding Usaha, Bidang Promosi, dan Bidang Manajemne Keuangan. Merujuk pada permasalahan yang diangkat pada mitra maka solusi yang akan diberikan saat kegiatan pengabdian adalah Pelatihan dalam desain papan nama usaha dengan aplikasi,  Pelatihan dan pendampingan penggunaan Instagram untuk optimasi dalam sosial media,  Pelatihan manajemen keuangan dengan Aplikasi. Luaran kegiatan pengabdian yang akan ditargetkan adalah peningkatan 100% Branding Mitra, Peningkatan 50% Bidang Pemasaran Online mitra,Peningkatan 100% dalam Manajemen Keuangan. Untuk kegiatan tahap pertama yang sudah  dilaksanakan adalah Peningkatan daya saing melalui optimasi promosi melalui media sosial melalui penambahan Instagram Ads, penambahan papan petunjuk uasaha mitra serta pelatihan manajemen keuangan melalui aplikasi keuangan.  Aspek-aspek kegiatan  dalam pengabdian sudah dievaluasi dengan hasil “Baik Sekali”.

References

Cahyani, J., Santika, K.D., Hendri, G., Wicaksana, M., 2022. Branding dan Marketing Digital Produk Makanan. Bhakti Persada Jurnal Aplikasi IPTEKS 8, 9–17.

Rahmani Putri, D., Nyoman Wulan Antari, N., Putu Widiadnyana, I., 2023. Inovasi Desain Label Kemasan Sebagai Faktor Peningkatan Daya Saing Produk Ukm Pizza Omi Packaging Label Design Innovation As an Increasing Factor of the Competitiveness Omi Pizza Small Enterprise Products 1) 1, 2963–3788.

Ricky Aurelius Nurtanto Diaz, Putu Devi Novayanti, I.M.S.A.P., Komang Wirayudha Wizu Diaz, A.R.C.D., 2021. Pengembangan Branding dan Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Informasi pada Usaha Jus Buahitle. ADMA.

Suwirmayanti, I.M.S.N.L.G.P., 2022. Sistem Informasi Digitalisasi Pengolahan Sampah TPS3R Desa Selemadeg Kabupaten Tabanan. Jurnal Pendidikan Tambusai 6, 16396–16403. Suwirmayanti, N., Sukerti, N.K., ..., 2020. Pemanfaatan Media Sosial Dalam Upaya Peningkatan Penjualan Pada Usaha Konveksi Di Yeti Susanti Kebaya Bali. Prosiding Seminar ... 31–38.

Suwirmayanti, N.L.G.P., Hadi, R., Permana, P.A.G., Setiawan, I.K.R., Vijaya, I.G.N.A.C., 2021. Penambahan Desain Kemasan dan Varian Rasa. Jurnal Ilmiah Populer 3, 75–82.

Suwirmayanti, N.L.G.P., Sudarsana, I.M., Diaz, Ricky Aurelius Nurtanto Jayanthi, L.P.E.I., Permana, Putu Adi Guna Hadi, R., 2023. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Diversifikasi Produk pada UMKM Kripik Pisang di Dusun Wanayu, Selemadeg Barat, Tabanan. Widyabhakti Jurnal Ilmiah Populer 5, 7–14.

Downloads

Published
2024-04-27

How to Cite

Suwirmayanti, N. L. G. P., Sudarsana, I. M. ., Diaz, R. A. N. ., Pramana, D. ., Budiarta, K. ., Hendayanti, N. P. N. ., & Permana, P. A. G. . (2024). Peningkatan Branding dan Penguatan Strategi Promosi Usaha serta Manajemen Keuangan pada Skinsations Facial Studio. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 6(2), 47-54. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v6i2.403