Penerapan Sistem Informasi Manajemen Usaha Pada UKM Malia’s

Authors
  • Gede Herdian Setiawan ITB STIKOM Bali
  • I Made Budi Adnyana
  • Made Doddy Adi Pranatha


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v6i3.410


Keywords: UMKM, administrasi, sistem informasi
Section: Articles

Abstract

Malia's merupakan sebuah UMKM di bidang dekorasi rumah, menggunakan Google Docs dan Spreadsheet untuk mengelola administrasi, namun dengan keterbatasan fitur, mereka mengalami kendala seperti input data manual dan pembuatan laporan yang memakan waktu lama. Melalui pengabdian ini telah disepakati bersama dengan mitra untuk menyelesaikan permasalahan mengelola transaksi dengan menerapkan Sistem informasi manajemen usaha berbasis web yang mudah digunakan, memungkinkan akses melalui perangkat mobile, tablet, notebook, dan PC. Sistem Informasi telah dikembangakan dan diterapkan memiliki fitur antara lain kelola pelanggan, kelola stok, transaksi, generate invoice, dan laporan transaksi. Hasil evaluasi menunjukkan tingkat persetujuan 85% dari mitra dan admin/operator sistem informasi terhadap relevansi, kemudahan, akurasi, kelengkapan, dan kegunaan sistem. Dapat disimpulkan Sistem informasi manajemen usaha terbukti membantu Malia's meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan transaksi dan keuangan.

References

Ardiyasa, I.W., Arianto, I.K.A.A., Praharsini, N.L.G.G., 2020. Penerapan dan Pelatihan Teknologi Informasi Pada Perangkat Desa di Kantor Kepala Desa Pengeragoan Jembrana Bali. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer 2, 100–106.

Hati, F.S., 2023. Evaluasi Skor Pre-Test dan Post-Test Peserta Pelatihan Pelayanan Kontrasepsi bagi Dokter dan Bidan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan di BKKBN Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Edutrained : Jurnal Pendidikan dan Pelatihan 7, 67–78. https://doi.org/10.37730/edutrained.v7i1.220

Sandjaja, I., Purnamasari, D., 2017. Perancangan Kuisioner Survei Galangan 1.

Setiawan, G.H., Adnyana, I.M.B., 2023. Sistem Informasi dan Pelatihan Manajemen Stok Barang dan Transaksi pada Toko Dharma Sari, WIDYABHAKTI JURNAL ILMIAH POPULER.

Setiawan, G.H., Made, I., Adnyana, B., Yoshuara, P., Cahyana, I., Teknologi, I., Bisnis, D., Stikom Bali, I., 2022. Penerapan Sistem Informasi Surat Keterangan Pada Kantor Desa Tirtasari Buleleng, WIDYABHAKTI JURNAL ILMIAH POPULER.

Downloads

Published
2024-07-16

How to Cite

Herdian Setiawan, G. ., Budi Adnyana, I. M. ., & Doddy Adi Pranatha, M. . (2024). Penerapan Sistem Informasi Manajemen Usaha Pada UKM Malia’s. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 6(3), 26-32. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v6i3.410