Pelatihan dan Pendampingan Teknik Pemasaran Digital Pada Bengkel Eka Motor

Authors
  • Dandy Pramana Hostiadi Departemen Magister Sistem Informasi Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali Indonesia
  • Ni Luh Putri Srinadi Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Informatika dan Komputer Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali Indonesia
  • I Made Darma Susila Program Studi Sistem Komputer, Fakultas Informatika dan Komputer Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali Indonesia
  • Yohanes Priyo Atmojo Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Informatika dan Komputer Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali Indonesia
  • Gede Angga Pradipta Departemen Magister Sistem Informasi Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali Indonesia
  • Made Liandana Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Informatika dan Komputer Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali Indonesia
DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v6i3.411
Keywords: Bengkel, Sepeda motor, UMKM, Pemasaran Digital

Abstract

Pengguna kendaraan sepeda motor meningkat pesat di era pasca pandemic. Pada bulan September 2023, tercatat sebanyak 509.946-unit sepeda motor terjual. Sehingga penjualan ini membuka peluang bagi masyarakat untuk membuka jasa bengkel motor. Usaha bengkel motor dalam bentuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dinilai lebih ekonomis dibandingkan dengan perbaikan ke dealer resmi. Salah satu UMKM Bengkel motor di daerah Tabanan-Bali adalah Eka Motor yang memulai usahanya sejak tahun 2020. Pemilik bengkel memulai usaha bengkel rumahan atas dampak dari masa pandemic. Jenis penjualan dalam bengkel motor ini adalah jasa dan sparepart motor. Hasil sosialisasi ke UMKM ditemukan permasalahan yaitu dalam  hal pemasaran. Pemasaran yang dilakukan saat ini adalah melalui WhatsApp dan sosial media istagram, yang dirasa belum optimal. Sehingga dibutuhkan peningkatan teknik pemasaran melalui pemanfaatan teknologi informasi sehingga dapat meningkatkan penghasilan UMKM. Metode pengabdian yang digunakan adalah pendampingan dan pelatihan. Tujuan dari kegiatan pemanfaatan sosial media adalah untuk mengenalkan usaha dengan pemasaran digital sehingga dapat meningkatkan penjualan produk atau jasa pada bengkel Eka Motor. Keberhasilan kegiatan pengabdian dievaluasi dari jumlah peningkatan penghasilan atau jumlah penjualan produk  jasa dan sparepart. Hasil dari kegiatan menunjukkan adanya peningkatan penghasilan UMKM dan pelanggan baru yang menggunakan jasa perbaikan di bengkel Eka Motor.

Downloads

Published
2024-07-10

How to Cite

Hostiadi, D. P., Ni Luh Putri Srinadi, I Made Darma Susila, Yohanes Priyo Atmojo, Pradipta, G. A., & Made Liandana. (2024). Pelatihan dan Pendampingan Teknik Pemasaran Digital Pada Bengkel Eka Motor. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 6(3), 1-9. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v6i3.411