Penggunaan media sosial dianggap sebagai strategi yang efektif dan efisien untuk pemasaran digital karena dapat mengurangi biaya publikasi produk atau layanan. Salah satu penggunaan media sosial yang dapat digunakan sebagai media digital marketing adalah Facebook. Sanggar Seni Taksu Sari Nadi (Taksana) yang beralamat di Br. Tengah Sesetan Denpasar-Bali, merupakan salah satu sanggar seni yang membutuhkan media pemasaran untuk mengenalkan kegiatan Seni Bali baik seni tari maupun seni tabuh ke khalayak umum agar diketahui dan diminati oleh generasi muda. Permasalahan yang ditemui pada Sanggar Taksana antara lain: adanya keterbatasan pengetahuan dalam proses pemasaran berbasis digital dan adanya keterbatasan penggunaan teknologi dalam penggunaan komputer dalam membuat laporan keuangan. Berdasarkan permasalahan tersebut, beberapa solusi yang dilakukan dan merupakan hasil dari pengabdian masyarakat antara lain dengan: pelatihan pembuatan digital marketing Sanggar Taksana. Pelatihan dan optimalisasi pemasaran Sanggar Taksana dengan menggunakan media sosial Facebook, sehingga pengenalan dan informasi seputar kegiatan seni pada Sanggar Taksana diketahui oleh umum dan menarik perhatian untuk mendaftar menjadi anggota sanggar. Kemudian hasil selanjutnya adalah memberikan pelatihan dan pendampingan pembuatan laporan keuangan Sanggar Taksana dengan spreadsheet. Kegiatan ini adalah pembuatan dan penggunaan laporan keuangan sanggar menggunakan program spreadsheet, harapannya selanjutnya pencatatan transaksi, pembukuan sanggar, menjadi lebih akurat dan proses akan lebih mudah dengan spreadsheet yang telah dibuat.
Afifah, L., Najamuddin, M. and Humaeira, B. (2019) ‘Efektivitas Media Promosi Pada Produk Sandwich Goreng Merek Royal Sandwich’, Agribusiness Journal, 13(1), pp. 1–17. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.15408/aj.v13i1.11868.
Barokah, S. et al. (2021) ‘Optimalisasi Digital Marketing melalui Facebook Ads di Kelurahan Purwanegara’, JURNAL ABDIMAS BSI Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1).
Kuswanto, H. (2013) ‘Dampak Perubahan Lingkungan Bisnis Terhadap Perusahaan, Organisasi, Manajemen Strategi Dan Akuntansi Manajemen’, Dharma Ekonomi, 20(37), p. 114.
Taylor, D.G., Lewin, J.E. and Strutton, D. (2011) ‘Friends, fans, and followers: Do ads work on social networks? How gender and age shape receptivity’, Journal of Advertising Research, 51(1), pp. 258–275. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.2501/JAR-51-1-258-275.
Waters, R.D. et al. (2011) ‘Applying the dialogic theory to social networking sites: Examining how university health centers convey health messages on Facebook’, Journal of Social Marketing, 1(3), pp. 211–227. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.1108/20426761111170713.
Widiansyah, A. (2017) ‘Peran Ekonomi dalam Pendidikan dan Pendidikan dalam Pembangunan Ekonomi’, Cakrawala: Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, 17(2), p. 207215. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.31294/jc.v17i2.2612.