Kelompok “Triguna Karya” adalah kelompok subak yang bergerak dalam bidang pengolahan dan pemasaran Kopi Arabika di Kabupaten Bangli. Jenis produk kopi yang diolah dan dipasarkan adalah sebagian besar dalam bentuk kopi beras, namun ada beberapa kelompok juga melakukan pengolahan kopi dalam bentuk kopi sangrai dan kopi bubuk. Beberapa permasalahan dihadapi kelompok seperti teknik pemasaran sebagian besar dilakukan secara konvensional serta kegiatan promosi produk belum dilakukan secara intensif. Tujuan kegiatan pengabdian untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta kelompok melalui penguatan dalam bidang pemasaran produk kopi dan penggunaan media sosial. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian adalah 1) pemberian teori, 2) diskusi dan tanya jawab, 3) praktek cara penggunaan media sosial (Facebook, Instagram) melalui webprofile yang akan dibuatkan oleh tim pelaksana dari ITB Stikom Bali 4) dokumentasi dan 5) monitoring dan evaluasi kegiatan. Pemberian teori disampaikan secara langsung kepada peserta yang berjumlah 20 orang (sebagai perwakilan). Target luaran yang dicapai melalui kegiatan pengabdian ini adalah peningkatan pengetahuan dan keterampilan anggota kelompok dalam bidang pemasaran produk kopi dan promosi melalui webprofile serta perbaikan desain kemasan. Publikasi akan dilakukan pada media massa lokal, video kegiatan berdurasi 5 menit pada Youtube, publikasi pada WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Popular STIKOM Bali.
Akanbi, S.-U. O., Mukaila, R. and Adebisi, A. (2022) ‘Analysis of rice production and the impacts of the usage of certified seeds on yield and income in Cote d’Ivoire’, Journal of Agribusiness in Developing and Emerging Economies. Emerald Publishing Limited, (ahead-of-print).
Mukaila, R., Falola, A. and Egwue, L. O. (2021) ‘Income diversification and drivers of rural smallholder farmers’ income in Enugu State, Nigeria’, Scientific Papers Series Management, Economic Engineering in Agriculture and Rural Development, 21(3), pp. 585–592.
Nurendah, Y., Mekaniwati, A. and Maulina, D. (2021) ‘PKM Pelatihan Strategi Pengembangan Bauran Pemasaran Untuk Peningkatan Omzet UMKM’, Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 2(1), pp. 9–16.
Sutrisno, E. (2021) ‘Strategi Pemulihan ekonomi pasca pandemi melalui sektor UMKM dan pariwisata’, Jurnal Lemhannas RI, 9(1), pp. 167–185.
Tuar, E. E., Tamba, I. M. and Lestari, P. F. K. (2019) ‘Analisis pemasaran kopi arabika di Desa Belantih Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli’, AGRIMETA: Jurnal Pertanian Berbasis Keseimbangan Ekosistem, 9(18).
Wachdijono, W. W., Wahyuni, S. and Trisnaningsih, U. (2022) ‘SOSIALISASI STRATEGI PEMASARAN KOPI LOKAL’, Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat, 8(3), pp. 275–285.
D. S. Umbara and M. Hikmatyar, “Pengembangan Pemasaran Kopi Galunggung Menggunakan Sistem E-Commerce,” Mimb. Agribisnis J. Pemikir. Masy. Ilm. Berwawasan Agribisnis, vol. 6, no. 1, p. 178, 2020, doi: 10.25157/ma.v6i1.2956.
S. Adithia and M. P. P. Jaya, “Strategi Pemasaran Digital Produk Minuman Kopi di Masa Pandemi,” J. Res. Bus. Tour., vol. 1, no. 1, p. 37, 2021, doi: 10.37535/104001120213.
P. F. K. L. Egristofer Evander Tuar, I Made Tamba, “Analisis pemasaran kopi arabika di Desa Belantih Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli,” Agrimeta, vol. 9, no. 18, pp. 10–14, 2019, [Online]. Available: https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/agrimeta/article/view/634.
Upadani, I. G. A. W., Saputra, K. S. A., & Krisnawan, G. N. A. (2023). PENGUATAN KAPASITAS KELOMPOK DALAM MENGEMBANGKAN USAHA MADU MELALUI PERBAIKAN USAHA DAN DIGITAL MARKETING. WIDYA LAKSANA, 12(2), 330-340.