Masjid Al Huda, sebagai pusat spiritual dan sosial, memainkan peran krusial dalam kehidupan umat dan masyarakat sekitarnya. Selain menjadi tempat ibadah, masjid ini juga menjadi fondasi bagi perkembangan sosial, intelektual, dan ekonomi komunitasnya, dengan fokus yang semakin relevan pada peningkatan kemandirian ekonomi. Implementasi e-commerce telah menjadi solusi modern yang menjanjikan untuk mengoptimalkan potensi ekonomi masjid dan komunitasnya, terutama dalam era digital di mana pergeseran perilaku konsumen menuju platform online menjadi tren yang tak terelakkan. Pemanfaatan e-commerce memberikan masjid Al Huda kesempatan untuk memperluas jangkauan bisnisnya, menjangkau lebih banyak umat, serta memperkuat basis keuangan guna mendukung kegiatan sosial dan kemanusiaan. Solusi yang ditawarkan mencakup pembuatan portal e-commerce dan pelatihan penggunaannya bagi takmir dan jamaah masjid Al Huda, dengan hasil akhir berupa platform e-commerce yang sesuai kebutuhan, peningkatan sumber daya keuangan masjid, tidak hanya mengandalkan donasi jamaah. Meskipun hasil pengembangan e-commerce untuk Al Huda belum menghasilkan pendanaan dalam jumlah besar, namun setidaknya sudah memberikan alternatif sumber pendanaan bagi masjid Al Huda.
Evi Triandini, “A Maturity Model for E-Commerce Adoption By Small And Medium Enterprises In Indonesia,” Journal of Electronic Commerce in Organizations (JECO) , 2017
Rehatalanit, “Peran E-Commerce Dalam Pengembangan Bisnis,” Jurnal Teknologi Industri, Unv. Suryadharma., vol. 5, 2016
Kadar Nurjaman, "Pemberdayaan E-Commerce di Kalangan Pelaku UMKM di Indonesia", Jurnal Abdimas Peradaban, vol 3, no 1, 2022.
Arman Maulana, "Peran E-Commerce di Tengah Pandemi terhadap Gaya Hidup Masyarakat Indonesia Masa Kini", Journal of Education and Technology, vol (1), no 1, 2021
Nadia Ika Purnama," Analisis Penggunaan E-Commerce Di Masa Pandemi", SiNTESa,vol 1 no1 , 2021