Pengembangan Usaha IRT Sambel Embe Banjar Kerta Darma Desa Pemecutan

Authors
  • Cahya Ayu pratami ITB STIKOM BALI
  • I Made Suwartama ITB STIKOM Bali
  • Imama Lavi Insani
  • Komang Reina Maheswari
  • Made Candra Dirganata


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v7i1.423


Keywords: pengembangan, usaha, sambel embe
Section: Articles

Abstract

Usaha industri rumah tangga sambel embe milik Ni Made Andriani, terletak di Banjar Kerta Darma, Desa Pemecutan, Kecamatan Denpasar Barat, Provinsi Bali. Dalam proses produksi, usaha ini mengalami kendala terkait terbatasnya alat produksi yang dimiliki, sehingga tidak dapat menghasilkan produk dalam kapasitas besar. Produk belum memiliki label kemasan, sehingga tidak memiliki ciri khas dan tidak menarik minat konsumen. Pemasaran produk hanya dilakukan pada lingkungan masyarakat sekitar dan pasar tradisional terdekat. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah memberikan bantuan alat produksi, mengadakan penyuluhan tentang manfaat dan tujuan labelling serta pelatihan media pemasaran online menggunakan WhatsApp, Instagram dan Facebook untuk membantu pemasaran yang lebih luas. Hasil yang dicapai adalah terjadinya peningkatan produksi sehingga profit juga mengalami peningkatan 100% dari pendapatan sebelumnya. Desain kemasan yang menarik dan pemasaran yang lebih luas dengan bantuan media pemasaran online sangat membantu industri sambel embe ini.

References

Amsari, S., Anggara, W. ‘Ekonomi Kreatif’ Medan : UMSU PRESS, 2023.

Anggraeni, N.Y., Melinasari, S., Shiddieqy, H.A. (2022) ‘Analisis Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Nyonya Sambel Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor Dalam Perspektif Manajemen Syariah’ Sahid Business Journal, II(1), pp.118-128. DOI:

https://doi.org/10.56406/sahidbusinessjournal.v2i01.84

Astiti, N.M.A.G.R., Semaryani, A.A.M., Yudiastari, N.M., Parwata, I.K.W., Yanti, G.D.D. ‘Wirausaha Pangan Tradisional Bali’ Surabaya : SCOPINDO Media Pustaka, 2023.

Aysa, I.R. (2020) ‘Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif di Era Digital; Studi Kasus Zydnaa Edukasi Jombang’ Jurnal At-Tamwil, 2(2), pp.121-138. DOI: https://doi.org/10.33367/at.v2i2.1337

Framita, D.S. (2020) ’Peningkatan Penjualan Melalui Pengemasan, LabellingDan Branding Produk Di Desa Sukaratu Kecamatan Cikeusal Kabupaten Serang’ BERDAYA : Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), pp.107-118.DOI: https://doi.org/10.36407/berdaya.v2i3.254

Pasaribu, R.M., Oktavia, A. (2020)’Analisis Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM Di Kota Medan’ Journal Of Economics and Business, 02(01), pp.50-60. DOI: https://doi.org/10.36655/jeb.v2i1.495

Putri, D.R., Deniari, N.K., Yusadara, I.G.P.M., Cahyani, N.M.J., Santika, K.D., Wicaksana, G.H.M. (2022) ‘Branding Dan Marketing Digital Produk Makanan’ Bhakti Persada Jurnal Aplikasi IPTEKS, 8(1), pp.9-17. DOI: http://dx.doi.org/10.31940/bp.v8i1.9-17

Marselina, E., Rokamah, R. (2022) ‘Manajemen Produksi Home Industry Keripik Galih Kurnia Usaha Desa Bubakan Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan’ Niqosiya : Journal Of Economics and Business Research, 2(1), pp.105-120. DOI: https://doi.org/10.21154/niqosiya.v2i1.706

Ribek, P.K., Mirayani, L.P.M., Permadi, O., Putri, N.K.A.D., Suswandayana, I.K.A. (2024) ‘Pengaruh Teknologi, Brand Awareness, Dan Trust Terhadap Minat Beli Ulang Pada Usaha Makanan Tradisional Di Bali’ Jurnal Bakti Saraswati, 13(1), pp.102-110.

Soeprapto, V.S., Yohana, E. (2021) ‘Eksplorasi Wisata Kuliner-Studi Kasus di Bali’ Journal FAME, 4(1), pp.46-51. DOI: http://dx.doi.org/10.30813/fame.v4i1.2750

Downloads

Published
2024-11-30

How to Cite

pratami, C. A., I Made Suwartama, Imama Lavi Insani, Komang Reina Maheswari, & Made Candra Dirganata. (2024). Pengembangan Usaha IRT Sambel Embe Banjar Kerta Darma Desa Pemecutan. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 7(1), 41-49. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v7i1.423