Pemanfaatan Digital Marketing dan Sistem Pengelolaan Stok pada Usaha Ternak Ayam Caru di Desa Serampingan Tabanan

Authors
  • Liandana Made Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Angga Pradipta Gede Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Dandy Pramana Hostiadi Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Made Darma Susila
  • Yohanes Priyo Atmojo
  • Putu Desiana Wulaning Ayu
  • Aditya Naray Artamerta Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Arya Ngurah Intaran Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v7i1.426


Keywords: ayam caru, e-commerce, sistem stok
Section: Articles

Abstract

Bali dengan budaya dan tradisi Hindu yang kuat, memiliki kebutuhan tinggi akan ayam caru untuk berbagai upacara keagamaan. Di Desa Serampingan, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan, UMKM setempat memanfaatkan peluang ini sebagai sumber mata pencaharian utama. Namun, usaha ayam caru ini menghadapi tantangan dalam hal pemasaran yang terbatas pada wilayah lokal dan pencatatan keuangan yang kurang rapi, mengakibatkan tidak akuratnya perhitungan pendapatan. Untuk mengatasi kendala tersebut, tim pengabdian masyarakat memberikan pelatihan penggunaan platform e-commerce serta pengembangan aplikasi web untuk pengelolaan stok dan alur kas. (1) pengantar kegiatan; (2) pelaksanaan pelatihan; (3) diskusi dan tanya jawab; (4) penyerahan materi pelatihan; (5) evaluasi; (6) penyerahan materi pelatihan; dan (6) evaluasi. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan cakupan pasar dari usaha mitra dan membantu memfasilitasi usaha mitra dalam melakukan manajemen stok, seperti: penjualan pakan, penjualan ayam caru, dan pelaporan keuangan. Melalui inisiatif ini, mitra usaha berhasil memanfaatkan Tokopedia guna memperluas pasar ayam caru dan mengadopsi sistem pencatatan stok berbasis web. Sistem ini membantu mencatat stok dan penjualan dengan lebih efisien, meningkatkan transparansi dan akurasi dalam pengelolaan usaha.

References

Febriantoro, W. (2018). Kajian Dan Strategi Pendukung Perkembangan E-Commerce Bagi Umkm Di Indonesia (Vol. 3). Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/manajerial/

Kala’lembang, A. (n.d.). Adopsi E-Commerce Dalam Mendukung Perkembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Masa Pandemi Covid-19. Retrieved from http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/capital

Leonardo, R., Arwani, I., Ratnawati, D. E., & Korespondensi, P. (2020). Pemanfaatan Teknologi Firebase Dalam Pengembangan Aplikasi Pengelolaan Stok Barang Berbabis Mobile Pada Rumah Makan Nakamse Malang. Teknologi Informasi, dan Edukasi Sistem Informasi (Vol. 1).

Nurjaman UIN Sunan Gunung Djati Bandung, K. (2022). Pemberdayaan E-Commerce di Kalangan Pelaku UMKM di Indonesia. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Vol. 3).

Downloads

Published
2024-11-30

How to Cite

Made, L., Gede, A. P., Dandy Pramana Hostiadi, I Made Darma Susila, Yohanes Priyo Atmojo, Putu Desiana Wulaning Ayu, Artamerta, A. N. ., & Intaran, A. N. . (2024). Pemanfaatan Digital Marketing dan Sistem Pengelolaan Stok pada Usaha Ternak Ayam Caru di Desa Serampingan Tabanan. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 7(1), 61-67. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v7i1.426