Perancangan Label Kemasan Aneka Kue dan Banner Sebagai Media Promosi

Authors
  • I Made Bhaskara Gautama STMIK STIKOM Bali
  • Dian Rahmani Putri STMIK STIKOM Bali


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v1i2.44


Keywords: Desain, Branding, UMKM
Section: Articles

Abstract

May’s Kitchenette merupakan salah satu UMKM yang bergerak di bidang usaha aneka kue. Usaha ini banyak dilakukan oleh pelaku usaha karena permintaan akan aneka kue tidak pernah surut, baik itu karena kebutuhan pada acara-acara formal maupun keagamaan. Banyaknya usaha kue membuat persaingan semakin ketat. Setiap usaha kue harus memiliki ciri khas atau keunggulan agar dapat menarik perhatian konsumen. Usaha kue May’s Kitchenette memiliki keunggulan karena beberapa kue yang diproduksi menggunakan bahan non-konvensional seperti ketan hitam, singkong, dan pisang. Namun, di balik keunggulannya tersebut, usaha ini mengemas kuenya tanpa menggunakan label sehingga produknya susah diingat oleh konsumen secara visual. Kegiatan ini dilakukan untuk membantu pengelola usaha dalam merancang label dan banner sehingga dapat digunakan sebagai media promosi. Perancangan dilakukan dengan menggunakan beberapa metode dan teori tentang desain kemasan sehingga dapat menciptakan desain label dan banner yang mampu menstimulasi nafsu makan konsumen dan memberi ingatan visual sehingga produk lebih mudah diingat.

References

Anwari, E., Meilani, E. & Prasetyowati, O., 2018. Perancangan Grafis Kemasan Makanan Burayot Sebagai Oleh-Oleh Khas Garut. DeKaVe, 10(2), pp.12–24. Cahyadi, A.B., Sugiono & Efranto, R.Y., 2014. Perumusan Strategi Unggulan Jasa Bus DAMRI Berbasis Analais SWOT dan Quality Function Deployment ( QFD ). Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Industri, 2(1), pp.80–91. Group, A.G.W., 2016. G17: Ensuring that a contrast ratio of at least 7:1 exists between text (and images of text) and background behind the text. Available at: https://www.w3.org/TR/WCAG20- TECHS/G17.html [Accessed January 18, 2019]. Hartanto, S., 2015. Perancangan Desain Kemasan Produk Homemade Pie “391” Surabaya. Jurnal DKV Adiwarna, 1(6). Hendrasty, H.K., 2013. Pengemasan & Penyimpanan Bahan Pangan 1st ed., Yogyakarta: Graha Ilmu. Rosandi, S. & Sudarwanto, T., 2014. Pengaruh Citra Merek dan Desain Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Susu Ultra. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 2(2), pp.1–16. Singh, S., 2006. Impact of color on marketing. Management Decision, 44(6), pp.783–789. Walsh, L.M. et al., 1990. Color preference and food choice among children. Journal of Psychology: Interdisciplinary and Applied, 124(6), pp.645–653. Zellner, D.A. & Durlach, P., 2002. What is refreshing? An investigation of the color and other sensory attributes of refreshing foods and beverages. Appetite, 39(2), pp.185–186.

Downloads

Published
2019-03-20

How to Cite

Bhaskara Gautama, I. M., & Rahmani Putri, D. (2019). Perancangan Label Kemasan Aneka Kue dan Banner Sebagai Media Promosi. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 1(2), 14-20. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v1i2.44