Pelatihan Pemasaran Melalui Media Online Pengrajin Waterfall Fountain Miniature Di Desa Getasan

Authors
  • I Putu Agus Eka Darma Udayana STMIK STIKOM Indonesia
  • I Made Avendias Mahawan STMIK STIKOM Indonesia
  • I Komang Arya Ganda Wiguna STMIK STIKOM Indonesia


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v1i2.51


Keywords: Pelatihan, E-Commerce, Waterfall Fountain Miniature
Section: Articles

Abstract

Pertumbuhan ekonomi suatu daerah sangat didukung oleh kuantitas usaha yang ada di daerah tersebut. Salah satu usaha yang dapat menopang ekonomi daerah tersebut adalah usaha industri rumah tangga. Rock Waterfall Fountain Miniatures merupakan salah satu industri rumah tangga atau UKM yang terletak di Desa Getasan, Kecamatan Petang, Badung - Bali. Industri tersebut menyediakan beragam model miniatur air terjun. Pada perkembangannya, terdapat beberapa masalah yang dihadapi oleh industri rumah tersebut. Masalah yang dihadapi oleh industri rumah tangga ini adalah keterbatasan pengetahuan dalam membuat media promosi yang menarik dan informatif, sehingga tidak banyak konsumen yang mengetahui lokasi penjualan atau pembuatan serta produk miniatur yang dihasilkan oleh industri ini. Hal ini tentunya akan searah dengan daya jual produk tersebut, semakin sedikit yang mengetahui keberadaan industri ini dan produk yang dihasilkan, maka akan semakin kecil kemungkinan produk yang dihasilkan akan laku terjual. Berdasarkan permasalahan tersebut, industri ini membutuhkan pengetahuan mengenai teknik pemasaran yang efektif untuk memperkenalkan produk yang dihasilkan dapat dikenal oleh masyarakat luas. Pemanfaatan teknologi informasi merupakan solusi yang sangat tepat digunakan untuk memecahkan permasalahan pemasaran produk.

References

Castellano, K. E, & Ho, A. D. (2013). A Practitioner 's Guide to Growth Models. Washington DC: Council of Chief State School Offi cers. Devy, H. A., dan Soemanto, R. B. (2017). Pengembangan Obyek Dan Daya Tarik Wisata Alam Sebagai Daerah Tujuan Wisata Di Kabupaten Karanganyar. Jurnal Sosiologi DILEMA, 32(1), 34–44. Dimitrov, D. M., & Rumrill, P. D. J. (2003). Pretest-posttest designs and measurement of change. Work, 20, 159-165. Jauhari, J. 2010. "Upaya Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) Dengan Memanfaatkan E- Commerce". Jurnal Sistem Informasi, 2(1), 159–168. Supardi, J., dan Dores, V. (2009). Rancang Bangun Collaborative System Pemasaran Hotel Secara on-Line Dengan. Jurnal Sistem Informasi (JSI), 1(2), 55–61.

Downloads

Published
2019-03-20

How to Cite

Eka Darma Udayana, I. P. A., Avendias Mahawan, I. M., & Arya Ganda Wiguna, I. K. (2019). Pelatihan Pemasaran Melalui Media Online Pengrajin Waterfall Fountain Miniature Di Desa Getasan. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 1(2), 52-58. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v1i2.51