Strategi Pemasaran Online dan Manajemen Usaha pada Mitra jajanan Bali Buk Alit

Authors
  • M. Samsudin
  • I Wayan Rupika Jimbara
  • Diah Ayu Pusparani


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v1i2.53


Keywords: Manajemen Usaha, Strategi Pemasaran, CRM
Section: Articles

Abstract

Pelaku usaha membutuhkan pemahaman mengenai Manajemen usaha untuk mendukung kegiatan usaha agar dapat berkembang dengan baik kedepannya. Pelaku usaha di kecamatan Mengwi perlu diberikan penyuluhan terkait dengan manajemen usaha yaitu strategi pemasaran, karena pelaku usaha belum memahami bagaimana strategi dalam memasarkan produk agar dapat bersaing dengan pelaku usaha yang sejenis. Mitra jajanan Bali Buk Alit di kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, adalah mitra usaha yang memiliki permasalahan terutama pada faktor manajemen usaha dan faktor strategi pemasaran, maka sangat dibutuhkan adanya sosialisasi dan pelatihan strategi pemasaran produk melalui media online dan melakukan pelatihan Manajemen usaha dengan pendekatan CRM (Customer Relationship Management) yaitu teknik pendekatan untuk mempertahankan pelanggan dan memberikan nilai tambah secara terus menerus kepada pelanggan. Dengan demikian diharapkan mitra usaha jajanan Bali Buk Alit mendapatkan pelatihan penggunaan perangkat komputer dan penggunaan internet sebagai media perkembangan teknologi informasi yang dapat digunakan untuk mengetahui serta menambah ilmu tentang manajemen usaha dan manajemen Keuangan, sehingga kedepan dapat menambah produksi dan penghasilan mitra usaha.

References

Achmad, T. A. (2010) ‘Pengaruh Customer Relationship Marketing (CRM) Terhadap Loyalitas Pengguna Matahari Club Card (MCC) pada Matahari Department Store Mal Ska Pekanbaru’, Jurnal Ekonomi, 18(4). Ahmad Ahid Mudayana (2010) ‘Analisis Strategi Pemasaran Produk Laparoscopy Di Rumah Sakit Pku Muhammadiyah Yogyakarta’, 4, p. 7. Fransisca Andreani, Yesslyn Sumargo and Chen Lie (2012) ‘the Influence of Customer Relationship Management (Crm) on Customer Loyalty in Jw Marriott Hotel Surabaya’, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 14(2), pp. 156–163. doi: 10.9744/jmk.14.2.156-163. Hariyanti, E. and Rosyidah (2010) ‘Analisis Strategi Pemasaran Pelayanan Skin MEdical Center Di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta’, Kesehatan Masyarakat, 4(2)

Downloads

Published
2019-03-20

How to Cite

Samsudin, M., Rupika Jimbara, I. W., & Pusparani, D. A. (2019). Strategi Pemasaran Online dan Manajemen Usaha pada Mitra jajanan Bali Buk Alit. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 1(2), 65-71. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v1i2.53