Website Profiling Pada UKM Cempaka Silver Sebagai Media Pemasaran Digital

Authors
  • Yohanes Priyo Atmojo
  • Dandy Pramana Hostiadi
  • I Putu Oka Aditya Pratama


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v1i2.58


Keywords: pengrajin aksesoris, aksesois perak, website
Section: Articles

Abstract

Kabupaten Gianyar merupakan daerah industri kerajinan lokal di Bali yang cukup berkembang pesat. Salah satu kerajinan lokal yang memiliki daya tarik adalah produk kerajinan aksesoris jenis perak. UKM Cempaka Silver adalah salah satu UKM yang bergerak di bidang usaha pengrajin perak sejak tahun 1988. Banyaknya pengrajin aksesoris jenis perak yang berada di daerah Gianyar khususnya daerah Sukawati menyebabkan UKM harus mampu bersaing secara kompetitif. Proses pemasaran yang belum optimal dan masih konvensional pada UKM Cempaka Silver, menyebabkan kendala dalam hal pemasaran. Di era modern saat ini, pemasaran melalui media website menjadi salah satu solusi bagi UKM untuk meningkatkan penjualan produk, dimana pembeli dapat mengetahui informasi produk dengan mudah melalui pemanfaatan internet. Melalui kegiatan program pengabdian masyarakat yang telah dilakukan, UKM Cempaka Silver telah dibuatkan sebuah website yang berisikan informasi produk usaha dan diberikan pelatihan pengelolaan konten website dengan tujuan untuk dapat meningkatkan penjualan produk UKM. Melalui informasi produk yang berada pada website, UKM akan dikenal lebih luas dan dapat memasarkan produknya lebih praktis dan dapat bersaing di era modern saat ini.

References

ChaffeyDave , & MayerRichard. (2009). Internet Marketing: Strategy, Implementation and Practice. Prentice Hall/Financial Times Strauss, Judy., Frost, Raymond. (2009). E- Marketing.(5th edition). New Jersey : Pearson Prentice Hall. David, Fred R. (2010). Manajemen Strategis : Konsep-konsep. Edisi ke- 12.PT.Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta. GaryArmstrong, WongVeronica, Philip Kotler, & John Saunders. (2008). Principles of Marketing. Pearson Education Limited. Hoffman, Douglas., Bateson, John (2006). Service Marketing : Concepts, Strategies, & Cases. (3rd edirion). United States of America : Thomson South Western. Florentina, Marsella. (2009). Analisa dan perancangan E-Marketing pada Omega optik. Binus University. Jakarta. Rudy. (2008). Perancangan E-Marketing pada PT. JEAH nutuk Memenangkan Persaingan Usaha. Comtech. Vol 1 No. 2 Desember 2010:477-492. Dehkordi, Goodarz Javadian; Rezvani, Samin; Rahman, Muhammad Sabbir;Nahid,Firoozeh Fouladivanda Neda; Jouya, Samaneh Faramarzi. (2012). A Conceptual Study on E- Marketing and Its Operation on Firm's Promotion and Understanding Customer's Response. Canadian Center of Science and Education. Canada

Downloads

Published
2019-03-20

How to Cite

Priyo Atmojo, Y., Hostiadi, D. P., & Aditya Pratama, I. P. O. (2019). Website Profiling Pada UKM Cempaka Silver Sebagai Media Pemasaran Digital. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 1(2), 81-87. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v1i2.58