Pembelajaran fisika pada hakikatnya merupakan pembelajaran yang harus berpusat pada siswa, dengan konsep pembelajaran konstruktivisme. Ketepatan metode pengajaran serta keterampilan mengajar guru merupakan faktor penentu dalam meningkatkan motivasi dan kognitif siswa. Oleh karena itu, guru hendaknya memiliki keterampilan tersebut. Metode eksperimen merupakan salah satu metode yang bisa mengimplementasikan konsep konstrutivisme tersebut. Akan tetapi, kendala yang umum dihadapi oleh guru dalam penerapan metode tersebut adalah kurangnya ketersediaan alat-alat praktikum penunjang pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan tujuan pemperkuat konsep metode pembelajaran eksperimen dengan mengembangkan media pembelajaran sebagai solusi ketidaktersediaannya alat praktikum dan sekaligus untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru fisika SMA se-kabupaten Lombok Utara. Kegiatan ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tanjung Kabupaten Lombok Utara, dengan peserta guru-guru fisika yang tergabung dalam MGMP mata pelajaran fisika SMA kabupaten Lombok Utaran. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah (1) metode FGD dan Direct Instruction, (2) Metode Demonstrasi dan (3) Metode Problem Based Learning (PBL). Adapun perancangan alat peraga pada kegiatan ini berbasis mikrokontroler menggunakan Arduino Uno. Hasil kegiatan ini (1) tersusunnya perencanaan pembelajaran fisika menggunakan metode eksperimen, (2) Terinstalasinya program Arduino Uno di laptop masing-masing peserta, (3) terbangunnya sebuah prototype sistem pengukuran jarak menggunakan sensor ultrasonic BMP05 dari kerja masing-masing kelompok, (4) meningkatnya keterampilan guru mengajar fisika dengan metode eksperimen.
References
Azhar Arsyad. 2003. Media pengajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Nurul Qomariyah, Rahadi Wirawan. 2018. Aplikasi Sensor Infrared Dan Arduino Uno Untuk Alat Peraga Sederhana Gerak Jatuh Bebas. Prosiding PKM-CSR. Kadir, A. 2013. Panduan Praktis Mempelajari Aplikasi Mikro- kontroler dan Penggunaannya menggunakan Arduino. Penerbit Andi :Yogyakarta. Murphy. 2006. The Impact of ICT on Primary Science, New York: Open University Press. Paul Suparno. 2007. Metodologi Pembelajaran Fisika Kon- struktivisme dan Menyenangkan. WIDYABHAKTI JURNAL ILMIAH POPULER 1(2): 93-99 99 Widyabhakti - Maret 2019 Universitas Sanata Dharma Press. Yogyakarta. Sinaga, P. 2010. Penerapan Laboratorium Maya Pada Pembelajaran Konseptual Interaktif Fisika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Mengembangkan Scientific Skill. Fisika FPMIPA UPI.
Qomariyah, N., Wirawan, R., M Angraini, L., & Nova Anggarani, 4Ni K. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran Fisika Berbasis Metode Eksperimen. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 1(2), 93-99. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v1i2.60