Usaha kerajinan perak merupakan salah satu jenis usaha kerajinan yang populer di kalangan masyarakat di Bali. Salah satunya adalah UKM Nyoman Bali Silver yang memulai usaha sejak tahun 2016. UKM ini melakukan pemasaran dengan cara konvensional yakni memasarkan produk usahanya pada pasar tradisional dengan sebuah lapak usaha sewaan berukuran 3 x 3.5 m2. Pembeli yang saat ini menjadi pelanggan UKM Nyoman Bali Silver merupakan pembeli lokal yang berdomisili di wilayah sekitar pasar. Kendala yang dihadapi oleh UKM ini adalah jangkauan pemasaran dan banyaknya kompetitor. Melalui kegiatan program pengabdian kepada masyarakat ini, UKM Nyoman Bali Silver memperoleh sebuah website yang berisikan informasi produk usaha dan pelatihan pemanfaatan dan pengelolaan website. Website yang dibangun selanjutnya dapat digunakan oleh UKM untuk meningkatkan penjualan produk UKM. Dengan tersedianya informasi produk pada website, diharapkan UKM dapat dikenal lebih luas dan terjadi peningkatan penjualan. Hasil dari kegiatan pengabdian adalah peningkatan kompetensi peserta yakni UKM Nyoman Bali Silver dalam pemanfaatan dan pengeloaan konten website secara maksimal.
References
Fauziah. 2008 . Jago TIK. Jakarta : Media Pusindo Hidayat R. 2010. Cara Praktis Membangun Website Gratis. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo Maryono Y, Istiana BP. 2008. Teknologi Informasi & Komunikasi 3. Bekasi : Quadra Pujiyanti F. 2015. Rahasia Cepat Menguasai Laporan Keuangan Dalam Sekejab Otodidak Tanpa Guru Khusus Untuk Perpajakan dan UKM. Jakarta : Lembar Pustaka Indonesia Wong J. 2010. Internet Marketing For Beginners. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo
Darma Susila, I. M., Suradarma, I. B., & Gratias Agamus, L. D. (2019). Pembuatan Media Pemasaran dan Pelatihan Pengelolaan Website UKM Nyoman Bali Silver Tabanan Bali. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 1(2), 105-111. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v1i2.64