Paradigma pembelajaran pada saat ini sudah berubah dari pembelajaran yang berpusat kepada guru ke pembelajaran berpusat kepada peserta didik/siswa. Pada zaman digital ini semua data maupun informasi tersebar di seluruh belahan dunia melalui internet/web, sehingga semua orang dapat dengan mudah mengakses semua data dan informasi yang diinginkan. Konten atau materi pembelajaran digital yang ada di internet bisa berupa teks, gambar, video atau multimedia. Multimedia pembelajaran merupakan bentuk aplikasi pembelajaran yang dapat menjawab paradigma yang terjadi di era digital saat ini. Pada tahap awal ini, dalam menghadapi paradigma tersebut, pendidik/guru khususnya di SMK-TI Bali Global Klungkung perlu dibekali dengan pelatihan dan pendampingan dalam pembuatan media pembelajaran digital (multimedia pembelajaan) berbasis dekstop/laptop dengan menggunakan software Adobe Captivate. Setelah mengikuti pelatihan dan pendampingan tersebut, para guru secara gradual (mulai dari yang sederhana) mampu membuat modul pembelajaran mata pelajaran yang diampu dalam format multimedia pembelajaran yang interaktif dan menarik. Dengan kemampuan tersebut, kompetensi guru dalam pengajaran atau pembelajaran dapat meningkat dan siswa akan lebih termotivasi untuk belajar lebih lanjut sedemikian hingga hasil belajarnya dapat meningkat.
References
Adobe. 2018. Adobe Captivate Help. Website: https://helpx.adobe.com/pdf/ captivate_reference.pdf Rusli, M., Hermawan, D., & Supuwiningsih, N. N. 2017. Multimedia Pembelajaran: Prinsip Dasar dan Model Pengembangan. Yogyakarta: Andi Rusman. 2012. Model-Model Pembelajar- an: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Rusli, M. (2019). Upgrading Kompetensi Guru dalam Pembuatan Media Pembelajaran Digital di SMK TI Bali Global - Klungkung. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 1(2), 119-124. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v1i2.66