Kesehatan mental merupakan bagian penting dari keseluruhan kesehatan yang harus dijaga. Hal yang dapat mengakibatkan rusaknya kesehatan mental adalah bullying. Bullying dialami oleh anak asuh dari Panti Asuhan Fajar 2 Klungkung, anak panti sering mendapatkan perundungan karena status sosialnya, yang berdampak pada kepercayaan diri dalam kegiatan sehari-hari. Berdasarkan masalah tersebut, diadakan kegiatan sosialisasi mental health dengan anak-anak panti sebagai peserta dengan tujuan meningkatkan pengetahuan tentang pentingnya mental health dan bagaimana cara mengatasinya, khususnya untuk anak-anak yang mengalami kasus bullying. Kegiatan yang dilakukan adalah survei lokasi dan wawancara, pemberian materi tentang mental health, tanya jawab peserta dengan pemateri, penyerahan sembako, wawancara dan survei akhir untuk melihat perkembangan pemahaman peserta. Ketua yayasan dan pengurus panti memberikan apresiasi yang positif dengan mengatakan bahwa setelah dilakukannya sosialisasi ini, kepercayaan diri dari anak-anak panti mengalami peningkatan baik itu ketika berinteraksi dengan orang lain maupun ketika melakukan kegiatan sehari-hari, dibuktikan dengan hasil survei yaitu 90% peserta tidak lagi mengalami putus asa dan terjadi peningkatan pemahaman dari 41,33% menjadi 91,33%. Selain kegiatan sosialisasi, juga dilakukan kegiatan bakti sosial dengan menyerahkan pakaian, buku, dan juga makanan dari hasil donasi yang diberikan oleh para donatur.
Ayuningtyas, D., Misnaniarti, M. and Rayhani, M. (2018) ‘ANALISIS SITUASI KESEHATAN MENTAL PADA MASYARAKAT DI INDONESIA DAN STRATEGI PENANGGULANGANNYA’, Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 9(1), pp. 1–10. Available at: https://doi.org/10.26553/jikm.2018.9.1.1-10.
Hidayati, R.A. (2024) ‘Optimalisasi Fungsi Organisasi Persatuan Istri Karyawan Gresik Cipta Sejahtera (PIKGCS) Melalui Penguatan Kepribadian Pengurus dan Anggota’, Jurnal Pengabdian Manajemen, 3(2), pp. 69–75. Available at: https://doi.org/10.30587/jpm.v3i2.7530.
Lusiana, S.N.E. and Arifin, S. (2022) ‘DAMPAK BULLYING TERHADAP KEPRIBADIAN DAN PENDIDIKAN SEORANG ANAK’, Kariman, 10(2), pp. 337–350.
Ridlo, I.A. (2020) ‘Pandemi COVID-19 dan Tantangan Kebijakan Kesehatan Mental di Indonesia’, INSAN Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental, 5(2), pp. 155–164. Available at: https://doi.org/10.20473/jpkm.v5i12020.155-164.
Shabrina, A., Prathama, A.G. and Ninin, R.H. (2021) ‘Persepsi Stigmatisasi dan Intensi Pencarian Bantuan Kesehatan Mental Pada Mahasiswa S1’, Jurnal Psikologi, 17(1), pp. 80–92. Available at: https://doi.org/10.24014/jp.v14i2.11399.
Sulisrudatin, N. (2015) ‘KASUS BULLYING DALAM KALANGAN PELAJAR (SUATU TINJAUAN KRIMINOLOGI)’, Jurnal Ilmiah Hukum Dirgantara, 5(2), pp. 57–70.
Yudha Kurniawan, A. et al. (2022) ‘PENYULUHAN PENCEGAHAN BULLYING TERHADAP KALANGAN PELAJAR SMP’, in Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ. Available at: http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat.