Gerakan Literasi bagi Anak-Anak Panti Asuhan SOS Children’s Village Tabanan

Authors
  • I Gusti Agung Sri Rwa Jayantini
  • I Wayan Juniartha


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v1i1.8


Keywords: literasi, membaca dan menulis
Section: Articles

Abstract

Tujuan program pengabdian masyarakat ini adalah membantu meningkatkan kesadaran literasi yaitu kegiatan membaca dan menulis cerita bagi anak-anak panti asuhan SOS Children’s Village di Desa Selemadeg Tabanan, Bali. Program pengabdian pada masyarakat ini diwujudkan untuk mendukung Gerakan Nasional Orang Tua Baca Buku (Gernas Baku) tahun 2018 yang telah dicanangkan pada bulan Mei 2018. Gerakan ini diadopsi untuk anak-anak panti asuhan yang sudah tidak mempunyai orang tua lagi sehingga dapat tetap dibantu untuk menumbuhkan budaya baca dan tulis yang dikembangkan dari usia dini, masa remaja hingga dewasa. Budaya baca dan tulis yang perlu dikembangkan di Indonesia inilah yang kemudian diwujudkan melalui kegiatan pengabdian.   Target luaran program ini adalah (1) tumbuhnya budaya literasi berupa membaca  dan menulis yang lebih baik di kalangan anak-anak panti asuhan yang dilakukan melalui program pengabdian masyarakat, (2) model gerakan literasi untuk anak-anak panti asuhan, (3) hasil-hasil karya melalui kegiatan membaca dan menulis anak-anak panti asuhan, dan (4) pengumpulan bahan bacaan juga menulis bagi anak-anak panti asuhan. Iptek yang diberikan adalah model gerakan literasi berupa perpaduan teknik membaca cepat dan menulis naratif dengan alur yang jelas bagi anak-anak panti asuhan sehingga tercipta kreativitas yang diharapkan berguna bagi masa depan mereka.

References

Bloomfield, L. 1995. Language (Bahasa). (I. Sutikno, Pentj). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. p.19-21. Arleen, A. 2008. Kingdom Tales Collection” (Kumpulan Dongeng Kerajaan). Jakarta: BIP Aksoi, B. 2001,”Translation is Rewriting: The Concept and Its Implications on the Emergence of a National Literature. Translation Journal. 5 (3) http://translationjournal.net/journal/ 17turkey.htm Coillie & Verschueren. 2006. Chidren’s Literature in Translation: Strategies and Challenges. London: Routledge Tarigan, H. 2008. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. Websites https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/literasi http://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/tentang- gln/ http://www.sos.or.id/bali

Downloads

Published
2018-11-30

How to Cite

Sri Rwa Jayantini, I. G. A., & Juniartha, I. W. (2018). Gerakan Literasi bagi Anak-Anak Panti Asuhan SOS Children’s Village Tabanan. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 1(1), 33-40. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v1i1.8