Optimalisasi Teknologi Informasi dalam Pemasaran dan Keuangan IRT Bakwan Keladi

Authors
  • Ida Ayu Gede Wiwik Purnamayanti Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Ni Putu Linda Santiari Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Gusti Ayu Aghivirwiati Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Ida Bagus Ketut Surya Arnawa Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Diah Candra Utami Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Dita Dwi Yuliani Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v8i1.869


Keywords: Bakwan Keladi, Optimasi Pemasaran, Manajemen Keuangan
Section: Articles

Abstract

IRT “Bakwan Keladi Kress” merupakan usaha mikro yang menghadapi tantangan dalam aspek produksi, manajemen keuangan, pemasaran digital, dan legalitas usaha. Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas mitra melalui penerapan teknologi informasi dan penguatan manajerial berbasis digital. Kegiatan diawali dengan identifikasi kebutuhan mitra melalui wawancara mendalam, dilanjutkan dengan pengadaan peralatan produksi seperti kompor, penggorengan, sutil, dan penyaring minyak untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas produk. Pelatihan manajemen usaha dilaksanakan dengan fokus pada pencatatan keuangan menggunakan aplikasi buku kas berbasis Android. Dalam aspek pemasaran, mitra dilatih menggunakan platform GrabFood dan GoFood untuk memperluas jangkauan pasar, mulai dari pendaftaran merchant, pengelolaan etalase digital, hingga strategi promosi dan analisis performa penjualan. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam efisiensi produksi, keteraturan pencatatan keuangan, serta peningkatan penjualan melalui platform digital. Identitas produk semakin kuat melalui desain ulang kemasan dan narasi usaha. Program ini berhasil mendorong transformasi mitra ke dalam ekosistem digital, memperkuat keberlanjutan usaha, dan berkontribusi pada pemberdayaan ekonomi berbasis komunitas lokal.

References

Aisyah, S., Sinaga, A.N., Tondang, G.A. and Harahap, S.F., 2022. Penerapan pencatatan keuangan pada UMKM melalui aplikasi Buku Warung: Studi kasus pada UMKM Lina Fashion. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), pp.1–10.

Akbar, A.A. and Koja, N.A., 2024. Kelayakan dan Strategi Pengembangan Usaha Kecil Menengah pada Usaha Makanan Ringan di Kota Tidore Kepulauan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(1), pp.924-931.

As Shoib, A.A., Dewi, A.P., Prista, D., Wahyu, F.D. and Sudarmiatin, S., 2024. Analisis Strategi Pemasaran STP (Segmenting, Targeting, Positioning) pada UMKM Pengrajin Keramik: Studi kasus Denis Souvenir Sulastri. Jurnal Bintang Manajemen, 2(4), pp.91–98.

Berlin, B., Suharto, A. and Suhendri, S., 2022. Peran UMKM Pembuatan Makanan Ringan Dan Inovasi Produk Terhadap Penambahan Pendapatan Ekonomi Masyarakat Dikota Tangerang. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 22(1).

Fardani, A.E., Fu'ad Hasyim, A., Imaniar, S., Ramadhan, A.D. & Fitriana, N.H.I., 2024. Penguatan Branding UMKM melalui Sosialisasi Unique Selling Point (USP) pada Pelaku Usaha di Kampung Kue Rungkut Surabaya. IHSAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat.

Hastutik, S. and Harmadji, D.E., 2022. Digital Transformation Of MSME Financial Recording Cash Flow Family Business. Jurnal Ekbis, 2(3), pp.297-306.

Indiarto, R., Subroto, E. and Fedryansyah, M., 2023. Modernisasi peralatan produksi dan pelatihan penggunaannya untuk meningkatkan produktivitas UMKM kue sus Soes AlGhani. Jurnal Masyarakat Mandiri, 2(1), pp.1–8.

Islam, S.S., Pulungan, A.H. and Rochim, A., 2019, December. Inventory management efficiency analysis: A case study of an SME company. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1402, No. 2, p. 022040). IOP Publishing.

Latifah, K., Waliyansyah, R.R., Saputro, N.D. and Novita, M., 2022. Customer Relationship Management Berbasis Digital pada UMKM di Desa Tengguli, Bangsri, Kabupaten Jepara. Indonesian Journal of Community Services, 4(2).

Mardiana, R., Meilina, D., Octavia, A., Musnaini, M., Lubis, T.A. and Solikhin, A., 2024. Pendampingan branding umkm melalui sosial media dan desain kemasan dalam upaya peningkatan kinerja pemasaran pada umkm keripik singkong bu wati. Ejoin: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(6), pp.962-969.

Wardhana, A.I., Silaningsih, E. & Kartini, T., 2023. Peningkatan Kompetensi Pelaku UMKM melalui Program Pelatihan dan Pendampingan di Desa Margaluyu, Tanjungsari Sumedang. MOTIVASI: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 10(1).

Yusuf, A., Hastuti, I., Nugroho, A.S.B., Herlinawati, H. and Saputra, W.A., 2024. Peningkatan Efisiensi Pengelolaan Barang pada UMKM Kedai Kopi Menggunakan Sistem Informasi. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 6(2), pp.143-150.

Downloads

Published
2025-11-30

How to Cite

Ida Ayu Gede Wiwik Purnamayanti, Ni Putu Linda Santiari, Gusti Ayu Aghivirwiati, Ida Bagus Ketut Surya Arnawa, Diah Candra Utami, & Dita Dwi Yuliani. (2025). Optimalisasi Teknologi Informasi dalam Pemasaran dan Keuangan IRT Bakwan Keladi. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 8(1), 15-25. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v8i1.869