Peningkatan Produksi, Optimalisasi Pemasaran Digital dan Komunikasi Bisnis pada Apk Platycerium Bali

Authors
  • Ida Ayu Mirah Cahya Dewi ITB STIKOM BALI
  • Luh Putu Ersamiya Ika Jayanthi ITB STIKOM BALI
  • I Made Arya Budhi Saputra ITB STIKOM Bali


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v8i1.876


Keywords: platycerium, grow light, pemasaran digital
Section: Articles

Abstract

Pendekatan menggunakan strategi pemasaran yang difokuskan pada platform Shopee dan Instagram diharapkan dapat meningkatkan jumlah pembelian dan kemampuan berkomunikasi. Permasalahan yang terjadi pada APK Platycerium Bali yaitu dalam segi fasilitas budidaya tanaman yang dimiliki hanya dengan greenhouse tanpa penerangan, strategi pemasaran dan penjualan yang digunakan masih kurang efektif karena pemasaran yang telah dilakukan tersebut kurang gencar dan kurang ter-update serta kurangnya kemampuan yang dimiliki oleh SDM pada mitra dalam bidang pemasaran dan komunikasi bisnis. Metode pelaksanaan kegiatan dibagi menjadi 6 tahapan pelaksanaan kegiatan yaitu sosialisasi awal kegiatan dan penentuan waktu pelaksanaan kegiatan, pembuatan akun Instagram dan Shopee, pengadaan dan pemasangan alat grow light dan panel surya, memberikan sebuah pelatihan kepada mitra tentang cara penggunaan Instagram dan Shopee serta fitur live streaming, pelatihan strategi pemasaran dan komunikasi bisnis, dilanjutkan dengan pemberian modul serta terakhir yaitu dengan melakukan monitoring dan evaluasi. Hasil evaluasi dari penggunaan grow light meningkatkan pertumbuhan dan produksi tanaman anakan baru selama 3 bulan sebanyak 1-4 tanaman. Hasil dari pelatihan komunikasi bisnis dan digital marketing yakni mitra bisa menerapkannya dalam penjualan produk melalui Shopee dan live streaming, hal tersebut dapat dilihat dari adanya pembelian online melalui Shopee serta jangkauan pembeli hingga ke daerah Gianyar dan Tabanan.

References

Arief, P. B., Hadi, I. P. dan Tjahyana, L. J. (2023) “Efektivitas Komunikasi Pemasaran Brand Nvmee Melalui TikTok Live Stream,” Jurnal e-Komunikasi, hal. 1–11. Tersedia pada: https://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu- komunikasi/article/viewFile/14004/11982.

Evanita, S., Fahmi, Z. dan Syawalki, L. (2023) “Studi Komunikasi Pemasaran Interaktif berbasis Live Streaming Online dalam menciptakan keterlibatan Konsumen,” Jurnal Komunikatif, 12(1), hal. 118–129. doi: 10.33508/jk.v12i1.4747.

Hendriarto, C. dkk. (2021) “Pengaruh Growlight Pada Ketinggian Tanaman Untuk Menentukan Jarak Antar Grow Hole Dengan Growlight,” Imdec, 3, hal. 1–8. Tersedia pada: https://publikasi.at mi.ac.id/index.php/imdecatmi/article/downlo ad/129/108.

Nilawardhani, F. D. dkk. (2024) “Strategi Pemasaran Langsung Melalui Live Streaming di Platform Shopee,” Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis, 9(1), hal. 432–443.

Yuwono, S., Diharto, D. dan Pratama, N. W. (2021) “Manfaat Pengadaan Panel Surya dengan Menggunakan Metode On Grid,” Energi & Kelistrikan, 13(2), hal. 161–171. doi: 10.33322/energi.v13i2.1537.

Downloads

Published
2025-11-30

How to Cite

Ida Ayu Mirah Cahya Dewi, Luh Putu Ersamiya Ika Jayanthi, & I Made Arya Budhi Saputra. (2025). Peningkatan Produksi, Optimalisasi Pemasaran Digital dan Komunikasi Bisnis pada Apk Platycerium Bali. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 8(1), 7-14. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v8i1.876