Kurikulum 2013 telah mengamanatkan bahwa proses pembelajaran harus berorientasi kepada siswa (Student Center Learning), dimana siswa sebagai pemeran utama dalam proses pembelajaran. Kenyataannya masih banyak guru yang mendominasi proses pembelajaran sehingga aktivitas siswa menjadi rendah. Keadaan demikian terjadi juga di SMP Kurnia Bogor. Berdasarkan observasi dan wawancara dengan Kepala Sekolah dan Guru, diperoleh informasi bahwa proses pembelajaran pada umumnya masih didominasi oleh guru. Belum nampak adanya kolaborasi antar siswa maupun guru dalam proses pembelajaran. Hal inilah yang ingin diubah dan diperbaiki agar pembelajaran menjadi lebih bermakna serta memberikan hak belajar kepada seluruh peserta didik. Solusi yang ditawarkan adalah memberikan pendampingan untuk mengembangkan Learning Community (komunitas belajar) melalui implementasi Lesson Study atau sering dikenal dengan istilah LSLC (Lesson Study for Learning Community). Kegiatan diawali dengan sosialisasi mengenai tujuan, manfaat, dan teknis pelaksanaan, serta tahapan Lesson Study. Implementasi lesson study mampu meningkatkan kolaborasi dan interaksi antara guru dalam merancang pembelajaran, juga diantara peserta didik melalui pembelajaran kolaboratif. Hal ini nampak dari aktivitas peserta didik yang cukup dalam proses pembelajaran, serta keterampilan guru sebagai fasilitator.
Alim, Bahri. (2009). Sistem Pembelajaran Abad 21 dengan “Project Based Learning (PBL)â€.http://guraru.org/guru- berbagi/pembelajaran-dan- pendidik-abad-21/. Diunduh tanggal 23 Agustus 2018 BSNP.(2010). Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI.[Online]. Tersedia:http://www.bsnp- indonesia.org/id/wpcontent/uploads /2012/04/Laporan-BSNP-2010.pdf diakses pada tanggal 11 Maret 2017 Pukuln16.59 WIB Copriady, Jimmi. 2013. The implementation of lesson study programme for developing professionalism in teaching profession. Published by Canadian Center of Science and Education. Asian Social Science. Vol 9 (12): 176-186. Hendayana, dkk.Lesson Study Suatu Strategi Untuk Meningkatkan Keprofesionalan Pendidik (Pengalaman IMSTEPJICA). Bandung: UPI Press, 2006. Hendayana,Sumar., Sukirman., Karim, MA. 2007. Studi peran IMSTEP dalam penguatan program pendidikan guru MIPA di Indonesia. Educationist. Vol 1 (1): 28-38. WIDYABHAKTI JURNAL ILMIAH POPULER 2(2): 30-39 39 Widyabhakti – Maret 2020 Jalal, F & Supriyadi, D (Ed)..(2001). Reformasi pendidikan dalam konteks otonomi daerah. Jakarta: Adicita. Lewis, C. 2002a. Lesson study: A handbook for teacher-led improvement of instruction (Brief guide to lesson study). Philadelphia: Research for better schools. Online. www.lessonresearch.net/briefguide.p df. Lewis, C. 2002b. Does Lesson Study Have a Future in the United States?. Nagoya Journal of education and human development. No 1: 1-23. Online. www.lessonresearch.net/nagoyalsrev .pdf. Diakses pada tanggal 9 September 2013. Lewis, C. 2002c. What are the Essential Elements of Lesson Study?. The California Science Project Connection. Vol 2 (6): 1-4. Online. www.lessonresearch.net/nagoyalsrev .pdf. Diakses pada tanggal 9 September 2013. Lewis, C & Hurd, J. 2011. Lesson study step by step (How Teacher Learning Communities Improve Instruction). Portsmouth: Online http://www.heinemann.com/shared/o nlineresources/E00964/Lewis_Hurd_ websample.pdf. Diakses pada tanggal 9 September 2013. Louise Stoll, Ray Bolam, Agnes McMahon, M Wallace, and Sally Thomas. Professional Learning Communities: A Review of The Literature. Jornal of Educational Change, 2006 ( 221-258). Rachmawati,Yeni& Sari, Nindya Riana dkk. (2017). Potret Pendidikan Indonesia Statistik Pendidikan 2017. Jalarta: Badan Pusat Statistik Syamsuri, Istamar dan Ibrohim. Lesson Study (Studi Pembelajaran) Model Pembinaan Pendidik Secara Kolaboratif dan Berkelanjutan; dipetik dari Program SISTTEMS- JICA di Kabupaten Pasuruan Jawa Timur (2006-2008).Malang: FMIPA UM, 2008. Suratno, T. 2009. Toward a Fruition of Lesson Study in Indonesia: The case of technical cooperation between Faculty of Mathematics and Science Education (FOMASE) UPI and Japan International Cooperation Agency (JICA) 1. Proposed to the Committee of International Symposium the Launching of Center for Research on International Cooperation in Educational Development (CRICED) Indonesia University of Education (UPI). New Paradigm of Education for Improving the Quality of Life. Bandung, August 18-20, 2009.